Untuk mendownload poster kronologi pewahyuan Veda dan bagian-bagiannya, silahkan mengklik gambar diatas atau klik  disini

Sekilas tentang pewahyuan kitab suci Veda

Kata Veda dapat dikaji dari 2 pendekatan yaitu etimologi dan semantik. Kata veda berasal dari urat kata kerja Vid yang berarti “mengetahui” dan Veda yang berarti “pengetahuan”. Dalam pengertian semantik, Veda berarti pengetahuan suci, kebenaran sejati, kebijakan tertinggi  atau pengetahuan spritual sejati tentang kebenaran abadi.

Penelitian tentang kapan Veda diwahyukan sudah banyak dilakukan oleh para sarjana barat dan para indologis, beberapa diantaranya oleh Dr. Max Muller, Weber, Sir William Jones dan HT. Colebrooke. Sayangnya, sebagai seorang indologis yang mengemban misi menyebarkan ajaran Kristen, mereka sering kali berusaha memutarbalikkan fakta akan ajaran Veda dan prihal kapan diwahyukan. Angka-angka pewahyuan Veda hasil kesimpulan  mereka biasanya tidak lebih dari angka 3000 SM, kenapa? Karena mereka adalah seorang Kristen yang taat dimana mereka yakin bahwa dunia ini baru diciptakan 6000 SM sebagaimana yang disimpulkan dari Al-Kitab.

Namun bagaimana jika waktu pewahyuan Veda ini kita runut dari mantra-mantra / sloka-sloka Veda itu sendiri? Ternyata hasilnya sangat mencengangkan. Veda sudah diwahyukan 1,9 milyar tahun yang lalu dan dikodifikasi / dikumpulkan dan ditulis ulang oleh maha rsi Vyasa pada tahun 3.138 SM.

Yajurveda 30.7

Tasmad Yajnat sarvahuta

Rcah samani jajnire

Chandami jajnire tasmad

Yajus tasmad ajayata

Artinya;

Dari Tuhan Yang Maha Agung dan kepadanya umat manusia mempersembahkan berbagai yadnya dan daripadanya muncul Rgveda dan Sama veda. Daripadanya muncul yajurveda dan Samaveda

Dalam proses pewahyuan Weda tersebut, ada beberapa cara yang dikenal, diantaranya adalah :

  1. Svaranada, gema yang diterima oleh para Rsi yang kemudian menjadi sadba Tuhan yang kemudian disampaikan kepada murid-muridnya.
  2. Upanisad, pikiran para Rsi dimasuki oleh sabda Brahman dan berfungsi sebagai penghubung dalam kondisi pendidikan “Param-para”
  3. Darsana atau Darsanam, dimana para Rsi berhadapan secara rohani dalam suatu situasi gaib yang bersifat spiritual.
  4. Avatara, yakni pewahyuan dengan menerima langsung dari perwujudan Tuhan yang menjelma langsung ke dunia, seperti Arjuna menerima ajaran Bhagavad Gita dari Sri Krsna dalam medan perang Kurusetra

Sebagaimana dijelaskan dalam Brahma Samhita, Catur Veda diterima pertama kali dari Tuhan Yang Maha Esa oleh mahluk hidup yang pertama, yaitu Dewa Brahma. Dewa Brahma menurunkan ajaran Veda kepada sapta rsi (7 Rsi) yaitu;

  1. Rsi Grtsamada, yang banyak disebut dalam hubungannya dengan turunya wahtu-wahyu pada Rgveda Mandala 2.
  2. Rsi Visvamitra, yang dikaitkan dengan seluruh Mandala 3 Rgveda.
  3. Rsi Vamadeva, yang dikaitkan dengan Mandala 4 Rgveda
  4. Rsi Atri, yang berhubungan dengan Mandala 5 Rgveda. Dalam keluarga  Rsi Atri disebut bahwa terdapat 36 Rsi penerima wahyu.
  5. Rsi Bharadvaja, yang banyak dikaitkan dengan turunnya Mandala 6 Rgveda, kecuali beberapa bagian yang berhubungan dengan nama Sahotra dan Sarahotra.
  6. Rsi Vasistha, yang bayak berhubungan dengan Mandala 7 Rgveda. Dalam kisah Mahabrata, rsi ini juga sering disamakan dengan Rsi Visvamitra.
  7. Rsi Kanva, yang merupakan nama pribadi dan nama keluarga yang banyak dikaitkan dengan mandala 8 Rgveda. Adapun mandala 9 dan 10 adalah kumpulan wahyu yang diterima oleh beberapa Rsi yang lain.

Penyampaian Veda kepada seluruh umat manusia berlangsung melalui sistem parampara dan sebagian besar hanya disampaikan secara lisan dari guru ke murid. Hal ini berlangsung selama jutaan tahun. Sampai akhirnya pada akhir jaman Dvaparayuga atau pada awal jaman Kaliyuga Maha Rsi Vyasa (Veda Vyasa) yang diyakini sebagai Avatara Tuhan melakukan kodifikasi, pengumpulan dan penulisan ulang Veda. Hal ini beliau lakukan karena beliau sadar bahwa pada jaman Kaliyuga ingatan manusia akan merosot tajam sehingga untuk membantu pengajaran Veda selanjutnya diperlukan teks-teks Veda yang ditulis dalam kulit kayu, batu dan sejenisnya.

Dikutip dari berbagai sumber dan diterjemahkan kedalam sebuah poster yang dapat anda download disini

%d bloggers like this: