Karena banyaknya rekan-rekan yang menanyakan prihal dimana mencari dan mendownload Veda base yang isinya dapat dipertanggungjawabkan, saya memberikan sebuah alternatif yang mungkin dapat dijadikan pilihan. Sebagaimana sering saya katakan, meski banyak bagian-bagian Veda sudah dirubah dan disimpangkan oleh para kaum Indologis dan para penjajah, namun karena Veda diajarkan dalam sistem parampara tanpa putus, maka keoriginalitas Veda pada parampara itu dapat dipertanggungjawabkan.

Pewahyuan dan pengajaran Veda dilakukan melalui beberapa parampara dan dengan sekian banyak guru-guru kerohaniannya. Oleh karena itu, saya tidak mengatakan bahwa Veda base yang saya sajikan disini adalah satu-satunya kumpulan kitab Veda yang otentik, tetapi ini adalah salah satu kumpulan Veda yang sudah terjamin keotentikannya dan juga telah diakui secara ilmiah oleh kaum intelektual.

Jika anda berminat memiliki program Veda Base yang legal, saya sarankan membeli langsung ke situs-situs di internet seperti di store.krishna.com, Amazone.com atau situs situs lainnya.

Dalam Program Veda Base tidak dituliskan Copyright dan agreement yang menyatakan bahwa orang yang mencopy Veda Base ini secara illegal akan diganjar dengan hukuman kurungan dan/atau denda, tetapi hanya bertuliskan;

“Copying this program is Bad Karma”

Namun demikian, di website ini saya juga menyediakan copy-an Veda Base 2003 yang dapat di download dengan local server . Progam Veda Base disini hanya dimaksudkan untuk pembelajaran dan sesungguhnya bersifat illegal, jadi jika anda mendownload dan meng-copy program Veda Base ini secara illegal, maka hukum karma-nya anda tanggung sendiri-sendiri. 🙂

Namun, jika anda takut akan “Bad Karma” tersebut, anda dapat membaca Veda Base yang sama secara online di situs http://vedabase.net/ dengan tanpa fitur audio pelafalan sloka-sloka Veda.

Panduan disini tidak dimaksudkan untuk melegalkan pembajakan, tetapi hanya sebagai bahan pembelajaran semata.

Untuk mendownload Veda Base di situs ini, silahkan klik link ini, Anda akan mendapatkan file .rar dalam ukuran yang cukup besar. Setelah itu anda ikuti langkah-langkah berikut ini;

1. Extract file file .rar tersebut kedalam suatu directori.

2. Pastikan komputer anda memiliki program Virtual CD, Alcohol 120%, PowerISO atau program lainnya yang dapat menjalankan file CD Virtual dalam format .mdf.

3. Mount file .mdf tadi kedalam Virtual CD anda. (Saya sendiri menggunakan program PowerISO)

4. Buka folder font dalam Virtual CD tadi dan install ke komputer anda. Font-font ini diperlukan untuk tulisan-tulisan devanagari, inderv dan sejenisnya yang digunakan untuk menulis sloka-sloka Veda.

5. Bukan folder Veda Base 2003 dan jalankan program autoreg.exe dan setelah itu jalankan file Views.exe

akan muncul program seperti berikut;

6. Buka file “Bhaktivedanta Vedabase 2003.nfo” pada folder “Bhaktivedanta Vedabase2003” dan berikutnya buka folder “Nfo”

7. Setelah itu anda akan dihadapkan pada tampilan seperti ini;

Untuk mendengarkan contoh pengucapan sloka, silahkan click “audio”.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Namun saya ingatkan kembali “Copying this program is Bad Karma” , jadi karma-nya tanggung sendiri-sendiri ya..! 🙂

Translate »
%d bloggers like this: