Istilah Vapu diberikan saat sang guru kerohanian membimbing kita dalam kondisi beliau hadir secara fisik di hadapan kita sehingga beliau bisa memberikan kita perintah secara langsung. Sedangkan Vani adalah kebalikan dari Vapu, yaitu saat sang guru kerohanian memberikan pergaulan suci kepada kita bukan secara langsung lewat badan fisik beliau, tetapi dapat berupa ajaran-ajaran yang terkritalisasi di dalam buku-buku dan perintah-perintah beliau sebelumnya.

Mana yang lebih penting dari keduanya?

Bhagavata Purana 1.15.27 mengatakan bahwa Sri Krishna meskipun sudah meninggalkan dunia material ini, tetapi Beliau meninggalkan pengetahuan suci Bhagavad Gita yang merupakan pengetahuan suci yang menuntun kita meski Beliau tidak hadir di sini.

Seorang murid yang baik tidak hanya hormat kepada guru saat beliau hadir secara fisik, tetapi tetap hormat dan menjalani perintahnya dan mendapatkan pergaulannya meskipun beliau tidak hadir di hadapannya. Karena itulah pergaulan secara Vani dapat dikatakan lebih utama meski kedua-duanya sangat penting. Hal ini juga ditegaskan oleh Bhagavata Purana 4.28.47.

Translate »