Bli mau nanya kenapa hanya dewa Brahma saja yang punya umur?? Sedangkan dewa siwa dan dewa wisnu brp umur beliau?? brahma wisnu siwa kan disebut trimurti bli…

Gede Citra, Kerambitan

Jawaban:

Trimurti dikenal dengan istilah Triguna Avatara. Jadi dalam pengertian ini, bukan Tuhan menjelma menjadi 3 personifikasi, tetapi perwujudan dari tiga kepribadian dalam menjalankan fungsi tri guna.

Dalam kondisi normal, sebagaimana yg terjadi dalam siklus waktu sekarang ini, Brahma dikatakan sebagai jiva tattva, yaitu mahluk hidup yg karena tapa bratanya yg luar biasa memiliki kualifikasi menduduki posisi brahma. Setelah 100 tahun waktu Brahma, dia dijamin akan mencapai pembebasan. Sedangkan Visnu sudah pasti dikendalikan oleh Tuhan sendiri dalam aspek Garbodakasayivisnu. Siva sendiri bersifat unik, Siva adalah perwujudan Tuhan, tetapi tidak bisa disamakan dg Tuhan. Yang dalm hal ini disebut dg analogi susu dengan susu asam. Kalau ngomongin Siva, wah panjang nih ceritanya. Yang pasti semuanya ada sloka2 pembenarannya sih, walau sulit kita tafsirkan.

Namun jika pada suatu kalpa tidak ada jiva yang memiliki kualifikasi menduduki posisi brahma, maka pada saat itu Brahma juga akan diduduki oleh Tuhan sendiri. Sehingga dalam kondisi ini baik Brahma, Visnu dan Siva adalah personifikasi Tuhan dan tepat disebut tri murti.

Oleh karena itu, kembali ke masalah umur brahma, ini tidak hanya berkaitan karena Brahma adalah Jiva Tattva, tetapi juga berkaitan dengan siklus penciptaan dan peleburan total alam semesta…

Untuk memahami masalah ini lebih lanjut, bisa di baca di newsletter di link ini.

%d bloggers like this: