Waktu (kala) adalah aspek Tuhan Sri Krishna yang tidak terlihat secara material, tetapi dapat dirasakan karena secara langsung mempengaruhi dan  menentukan kehidupan segala makhluk di alam semesta material. Sri Kishna berkata,”Kalah kalayatam aham, diantara segala penakluk, Saya adalah sang waktu (Bg.10.30). Aham evaksayah kalah, Saya adalah sang waktu yang tidak pernah berhenti ada (Bg.10.33). Kalo’ smi loka ksaya krt, Saya adalah sang waktu penghancur seluruh dunia (Bg.11.32).

Manusia tidak mampu merobah, mempercepat atau memperlambat belangsungnya pagi, siang, sore dan malam hari menurut kemauannya. Manusia tidak mampu mempertahankan kondisi pisik (jasmani) nya agar tetap muda, kuat dan gagah. Pelan  tetapi  pasti, manusia harus mengalami masa tua sebelum sang waktu mengakhiri hidupnya di dunia fana dengan kematian.

Orang-orang modern Kali-Yuga membagi waktu berdasarkan detik, menit, jam, hari, bulan, tahun dan abad. Perhitungannya adalah sebagai berikut.

60 DETIK = 1 MENIT, 60 MENIT = 1 JAM, 12 JAM = 1 HARI, 30 HARI = 1 BULAN, 12 BULAN = 1 TAHUN, DAN 100 TAHUN = 1 ABAD. JANGKA WAKTU 1 ABAD ADALAH UKURAN MAKSIMUM MANUSIA KALI-YUGA.

Veda menghitung skala/rentang perjalanan sang waktu (kala) berdasarkan lamanya waktu yang diperlukan oleh 2 (dua) paramanu (atom) untuk berkombinasi/bersatu sampai akhir usia sang Pencipta dunia fana Brahma ketika terjadi pralaya, peleburan (kiamat) atas seluruh alam semesta material. Dua paramanu (atom) berkombinasi menjadi 1 (satu) paramanu ( atom)  dobel. 3 (tiga) paramanu dobel berkombinasi menjadi trasarenu (hexatom). Trasarenu ini ter-lihat dalam sinar matahari yang masuk ke dalam kamar melalui celah jendela dan nampak bergerak melayang ke arah langit. Lamanya waktu yang diperlukan oleh 3 (tiga) trasarenu (hexatom) untuk bersatu = 1(satu) truti. Perhitungan selanjutnya adalah sebagai berikut.

1 TRUTI = 1 DETIK DIBAGI 1.687,5; 100 TRUTI = 1 VEDHA; 3 VEDHA = 1 LAVA; 3 LAVA = 1 NIMESA 3 NIMESA = 1 KSANA; 5 KSANA = 1 KASTHA; 15 KASTHA = 1 LAGHU; 15 LAGHU = 1 DANDA; 2 DANDA = 1 MUHURTA; 3 MUHURTA = ¼ HARI ATAU TIGA JAM; 3 JAM = 1 YAMA DAN 4 YAMA = 1 HARI

Veda menyatakan bahwa terdapat perbedaan satuan waktu di setiap planet di alam semesta.  1 (satu) bulan di planet Bumi (Bhu-loka) = 1 (satu) hari di planet para leluhur (Pitra-loka). 1 (satu) tahun di planet Bumi (Bhu-loka) = 1 hari di planet Sorgawi (Svarga-loka).

Untuk membaca mengenai sang waktu secara lengkap, silahkan download artikel PDF berikut.

Download

Translate »
%d bloggers like this: