H.H. Bhakti Raghava Swami lahir dari keluarga Prancis-Kanada yang berlatarbelakang kepercayaan Katolik Roma di provinsi Ontario dengan nama Real J. Gagnon. Di masa mudanya Bhakti Raghava Swami sangat aktif dalam kegiatan latihan bela diri dan juga keagamaan. Ketekunannya pada bidang keagamaan diperlihatkan pendidikan Seminari yang beliau ikuti selama sekitar 7 tahun. Setelah menamatkan diri dari Seminari, beliau juga melanjutkan program Bachelor of Art di University of Ottawa pada tahun 1968 dengan mengambil jurusan filsafat dan psikologi sosial. Bidang keilmuan yang telah ditempuhnya selanjutnya dibhaktikan dengan menjadi pekerja sosial dan konselor dari tahun 1968 sampai 1971. Pertemuannya dengan filsafat timur terjadi pada tahun 1974 setelah berjumpa dengan Srila Prabhupada. Kesesuaiannya pada filsafat timur membuat beliau akhirnya diangkat murid dengan nama diksa Raghava Pandit Dasa.

Dari tahun 1974 sampai tahun 1976, Raghava Pandit Dasa melakukan pelayanan di Temple ISKCON di Ottawa. Selanjutnya pada tahun 1976 beliau berangkat ke India dan memulai program “New Bhakta” dan Nama Hatta Village Preaching” dari Sri Dham Mayapu dan Bhaktivedanta Youth Services, ISKCON Calcutta. Tingkatan hidup Sannyasi tanpa melalui tingkat Grahasta (Sukhla Brahmacarya) beliau ambil pada saat Gaura Purnima 1985 dengan nama diksa Bhakti Raghava Swami.

Sejak menjadi seorang sanitasi, Bhakti Raghava Swami aktif mengajarkan ajaran Veda ke seluruh dunia. Terhitung sejak tahun 1993 sampai tahun 2000, beliau sempat kembali ke tanah kelahirannya melayani ISKCON Canada sebagai Co-GBC dan sebagai presiden Temple ISKCON Montreal. Sejak 2001 sampai 2004 beliau aktif di Indonesia mengembangkan setidaknya 6 projek desa berbasis varnasrama. Narayana Smrti Ashram di Yogyakarta merupakan salah satu proyek pengembangan beliau. Beliau juga sempat tinggal cukup lama di Yogyakarta sambil mengenyam pendidikan master di bidang pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Bhakti Raghava Swami memperoleh predikat Cum Laude dari Universitas Negeri Yogyakarta dan dengan tulisan tesis “A Comparative Study of Gurukula and Pondok Pesantren – A Case Study of Three Gurukulas in India and Three Pondok Pesantren in Indonesia”.

Kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh Bhakti Raghava Swami berlanjut ke Kamboja sejak tahun 2006. Di Kamboja beliau membentuk organisasi bernama Global Varnasrama Educational Social Cultural Organization” (GLOVESCO) dan juga membangun Yasodapura Ashram. Pada tahun yang sama beliau juga berkesempatan kembali ke India dan memulia proyek Sahyadri Sri Krishna Balarama Ksetra (SSKBK) dan juga Varnasrama Collage.

Sebagai seorang Sanyasi, Bhakti Raghava Swami senantiasa berkeliling dunia untuk mengajarkan Dharma, Veda dan tentu saja Bhakti Yoga agar setiap orang dapat sadar akan Krishna. Pada bulan April 2015 ini, beliau akan mengunjungi Indonesia guna meninjau proyek-projek yang telah beliau kembangkan di Bali, Sumbawa, Yogyakarta, Sulawesi, Kalimantan dan juga di Lampung. Kunjungan beliau ke Indonesia juga akan bertepatan dengan hari “ulang tahun” (umum disebut Vyasa Pudja bagi seorang sannyasi) beliau yang akan dilaksanakan di komplek desa Vaisnava Gita Nagari Baru, Lampung pada tanggal 9 Mei 2015 mulai pagi sampai selesai. Karena itu, melalui artikel ini, panitia penyelenggaraan Vyasa Pudja turut mengundang seluruh saudara seguru dari seluruh penjuru dunia, para anggota ISKCON, para simpatisan dan seluruh masyarakat yang memiliki ketertarikan dengan gerakan yang beliau lakukan untuk datang menghadiri perayaan Vyasa Pudja tersebut.

Hari Haribolo…

%d bloggers like this: