Bhajan & Kirtana

Bhajan & Kirtana

Bhajana atau Bhajan merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan lagu-lagu rohani dalam tradisi Veda (terutama sekali dalam Bhakti Yoga) yang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala dan biasanya dinyanyikan untuk mengiringi ritual/yajna-yajna tertentu. Bhajan yang dilakukan beramai-ramai dikenal dengan sebutan kirtan/kirtana yang berarti menyanyikan, mengidungkan atau melagukan secara berkelompok atau bersama-sama.

Hampir semua agama memiliki tradisi lagu-lagu kerohanian. Kekristenan sangat terkenal dengan paduan suara dan persekutuan doanya. Pengikut aliran kepercayaan seperti kejawen sering kali juga melantunkan tembang-tembang jawa yang menggambarkan kearifan dan kemahakuasaan sang pencipta. Tradisi Hindu di Bali juga tidak lepas dari tradisi mekidung dan mekekawin yang meskipun dilantunkan dengan bahasa lokal, namun memiliki makna yang serupa dengan Bhajan dalam bahasa sansekerta. Demikian juga dengan tradisi Islam yang terkenal “keras” dalam hal musik. Mereka memang tidak menggunakan alat musik seperti dalam tradisi-tradisi lainnya, namun juga melantunkan lagu-lagu pujian dalam bentuk vocal dan terkadang diiringi dengan alat musik rebana. Tradisi sufisme adalah salah satu bentuk paling nyata dalam hal pentingnya “bhajana” dalam tradisi Islam.

Bhajana dalam tradisi Hindu dilakukan dengan melantunkan doa-doa, sloka-sloka kitab suci dan mantra-mantra pujaan yang mengungkapkan rasa cinta kasih bhakti kepada dan seringkali hanya diiringi dengan alat-alat musik tradisional sederhana seperti mridangga, kartal dan harmonium. Tradisi bhajan adalah tradisi yang berkembang dari waktu ke waktu. Dalam perkembangannya muncul banyak lagu-lagu bhajan baru baik yang tergolong klasik maupun modern yang tentunya semua itu berlandaskan pada Bhakti. Meera, Tulsidas, Surdas, Srila Vishvanatha Chakravarti Thakura dan beberapa guru-guru kerohanian dalam jalan Bhakti adalah salah salah satu dari sekian banyak penggubah lagu-lagu bhajan yang terkenal dimana lagu-lagu bhajan hasil karya mereka masih didengungkan dalam setiap kegiatan pudja saat ini.

Lagu-lagu bhajan yang biasa dikumandangkan dalam garis perguruan Gaudya Vaisnava, terutama sekali dalam organisasi ISKCON yang didirikan oleh Srila Prabhupada dapat dilihat dalam sub-page ini dan akan saya sajikan secara bertahap.

Semoga bermanfaat