Pertanyaan yang hampir selalu terlontar dari umat Islam dan Kristen yang kebetulan ikut dalam jamuan makan bersama saya adalah; “Kamu tidak makan sapi ya? Sapi itu dewa kamu ya?”. Jawaban singkat saya biasanya hanya bertanya balik, “kamu pernah ke Bali? Ga pernah lihat orang Bali makan sapi? Bukannya sapi Bali paling disukai di Indonesia?”. Namun demikian tentu saja jawaban singkat itu bukanlah alasan sebenarnya mengenai kenapa sapi dikatakan sebagai ibu yang harus dihormati. Terdapat jawaban panjang lebar yang bahkan tidak cukup dijelaskan dalam 1 smester pelajaran untuk pembahasan topik “Ibu Sapi”.

Banyaknya orang yang salah pengertian terhadap kenapa Sapi dianggap sebagai Ibu disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pemlintiran pemahaman yang sengaja dilakukan oleh pemuka agama non-Hindu guna mendoktrin pengikutnya agar menganggap ajaran Hindu primitif dan keliru, sampai dengan kesalahan orang Hindu sendiri yang tidak memahami filsafat agamanya sehingga terjebak dalam kerangka ritual yang akhirnya membingungkan generasi penerusnya.

Menganggap sapi sebagai ibu bukan hanya karena sapi adalah kendaraan dewa Siva, tetapi terdapat pesan moral yang sangat agung yang ditanamkan oleh leluhur kita. Seperti sudah banyak dibahas pada artikel sebelumnya, ajaran Veda mengenal berbagai entitas yang harus dihormati sebagai ibu, yaitu antara lain:

  1. Ibu yang melahirkan kita, yaitu ibu kandung kita sendiri.
  2. Ibu yang menyusui kita walaupun tidak mengandung kita.
  3. Ibu yang memelihara dan mengasuh kita walaupun tidak melahirkan dan menyusui kita.
  4. Istri seorang guru tempat kita menuntut ilmu.
  5. Sapi yang telah memberikan kita susu, sumber panca gavya dalam pengobatan Ayur Vedic dan juga yang tenaganya telah kita gunakan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan kita.
  6. Ibu pertiwi, yaitu bumi dan alam ini yang telah memberikan penghidupan pada kita dan harus kita jaga kelestariannya.

Mereka semua harus dihormati dan diperlakukan dengan sangat suci karena mereka telah berjasa besar dalam kehidupan kita.

Tentu saja masih terdapat banyak alasan lain kenapa sapi dianggap sebagai ibu dan memiliki kedudukan suci. Berikut ini adalah buku yang masih dalam bahasa Inggris yang membahas tuntas mengenai sapi. Buku ini sangat bagus memberikan jawaban-jawaban pertanyaan kritis yang mungkin terlontar di benak anda.

Download

Translate »
%d bloggers like this: