Saat ini terdapat 5 perguruan tinggi yang mempelajari masalah paranormal termasuk fenomena reinkarnasi yaitu: Princeton University (USA), University of Edinburg (Inggris), University of Amsterdam (Belanda), University of Freiburg (Jerman) dan University of Virginia (USA). Banyak mahasiswa telah mendapatkan gelar Ph.D. melalui penelitian mereka tentang fenomena metafisika ini.
Mengeksplorasi konsep reinkarnasi melalui regresi kehidupan masa lalu, kita dapat melihat apa yang ada di sisi lain. Terdapat dua studi statistik ingatan kehidupan lampau yang pantas untuk di perhatikan, yang pertama adalah āDua Puluh Kasus tentang Reinkarasiā [Twenty Cases Suggestive of Reincarnation], karya Ian Stvenson, MD, yang saat itu sebagai ketua Psychiatry Universitas Virginia.
Pada tahun 1980 sekelompok kecil psikiatris dan psikolog secara bersama membentuk perkumpulan yang dinamakan Association for Past-Life Research and Therapies (APRT). Dan pada tahun 2000, direformasi menjadi International Association for Regression Research and Therapies (IARRT). Selama 20 tahun, himpunan ini berkembang menjadi 1000 anggota di 20 negara yang memiliki lisensi psikotherapist yang menghasilkan konsistensi bukti-bukti dan juga pertukaran informasi melalui konfrensi, newsletter dan jurnal-jurnal professional.
Pada tahun 1882, saat pendirian Society for Psychical Research, yang salah satu sasaran utamanya ialah menyelidiki dan mengungkap atau mengkisahkan secara dokumenter fenomena yang menunjukkan orang yang sudah mati tetapi masih eksis jiwanya.
Sejak tahun 1882 sampai dengan tahun 1930-an, para peneliti dari society tersebut di Perancis dan Italia telah menemukan contoh kasus beberapa kisah pribadi tentang memori kehidupan masa lampau, beberapa diantaranya telah mengalami pembuktian penelitian secara jangka panjang dan memiliki daya keterandalan yang sangat kuat. Berdasarkan memory pribadi tentang pengalaman pada kehidupan masa lampau semacam ini dan setelah melalui metode penyelidikan dan pembuktian, disebutlah āMetode Tradisionalā.
Metode penelitian lainnya berkaitan dengan penggunaan hypnotherapy. Salah satu peneliti fenomena ganjil paling tersohor di Perancis adalah Col. Albert de Rochas, yang pertama kali secara sistematis menggunakan hypnotherapy membawa obyek penelitian ke dalam memori kehidupan masa lampau mereka dan menemukan bahwa si obyek tersebut walau tiada tertarik sedikit pun dengan reinkarnasi, mereka tetap saja dapat mengingat pengalaman kehidupan masa lampaunya. Begitulah ia menyimpulkan penemuan pribadinya di dalam artikel yang ditulisnya pada tahun 1905.
Tahun 1956, āThe Search for Bridey Murphyā, hasil karya terkenal dari Morey Bernstein telah terbit. Buku tersebut, dimana sang penulis sendiri yang mengikuti suatu kasus hipnotis, menggabungkan konsepsi reinkarnasi dan hypnotherapy menjadi satu. Buku itu juga telah mengumandangkan terompet pioneer bagi reset ilmiah untuk reinkarnasi modern barat dan telah membangun sebuah panggung lapang bagi climax reset reinkarnasi yang kelak bakal tiba.
Dengan menggunakan hypnotherapy, ia memunculkan ingatan masa lalu anak-anak secara spontan. Ia dan stafnya menelusuri 60 laporan yang dialami anak-anak pada usia 3 sampai dengan 6 tahun yang mampu mengingat kehidupan masa lampaunya dan secara intensif menyelidiki 20 laporan diantaranya. Dimana anak-anak itu menemukan jalan menuju desanya yang tidak pernah mereka dengar apalagi mengunjungi ke sana sebelumnya, mengenali orang-orang, mengingat nama-nama mereka, nama-nama jalan, rumah-rumah dan kejadian-kejadian yang ada di sana. Setelah penyelidikan panjang, Dr Stevenson menyimpulkan bahwa penjelasan yang masuk akal adalah reinkarnasi dari ingatan pengetahuan anak-anak tersebut.
Uji statistik untuk ingatan kehidupan masa lampau dengan metoda hipnotis pada orang dewasa, digambarkan secara klinis oleh psikiatris, Helen Wambach, Ph.D., dalam āReliving Past Lives: The Evidence Under Hypnisisā [Mengingat Kehidupan Lampau: Bukti dibawah hypnotherapy], Helen melakukan regresi berulang terhadap 1200 orang, ia temukan bahwa ingatan kehidupan masa lalu konsisten akurat pada hal-hal detail yang dialami para subjek pada kehidupan sehari-harinya saat itu, yaitu dari rentang tahun 1900 sampai dengan 500 SM. Dalam skala besarnya bahkan konsisten terhadap distribusi gender yang berfluktuasi dari masa ke masa.
Helen juga mengemukakan bahwa ketika meregresi ingatan para subjek menjelang kematian mereka dan transisi ke dimensi lain, para subjek menyatakan melihat cahaya yang sangat menyilaukan. Cahaya itu mereka lihat ratusan kali. Pengalaman memasuki cahaya itu adalah cukup petunjuk bagi mereka bahwa kematian bukan lagi suatu hal yang mengkhawatirkan.
Ian Stevenson adalah seorang seorang profesor peneliti dari University of Virginia, Departemen Kejiwaan, Divisi Bagian Kepribadian (DOPS) yang kita sebut dalam membicarakan reinkarnasi secara ilmiah. Ian Stevenson adalah tokoh simbolik peneliti reinkarnasi yang menggunakan āMetode Tradisionalā. Beliau menjabat kepala penelitian masalah reinkarnasi. Penelitian DOPS ini dapat dimungkinkan karena adanya sumbangan dari Eminent Scholars Chair (semacam perkumpulan mahasiswa yang ulung) dan sejumlah besar warisan tanah dari Priscilla Woolfan. DOPS menyatakan “Tujuan utama penyelidikan secara ilmiah atas fenomena yang disarankan, asumsi dan teori yang dapat diterima oleh ilmu pengetahuan tentang sifat dasar pikiran ataupun kesadaran, dan hubungannya dengan materi yang mungkin salah.”
Artikel yang ia publikasikan pada tahun 1960 (Bukti Memory Kehidupan Masa Lampau), dinobatkan sebagai prolog penelitian reinkarnasi barat modern. 40 tahun lebih sesudah tahun itu, ia berkeliling ke seluruh pelosok dunia untuk menyelidiki, mencatat, mengumpulkan, menguji, dan mencocokkan orang-orang, terutama āanak-anak yang mengingat kehidupan masa lalu dan yang mempunyai tanda lahir atau cacat lahir yang dihubungkan dengan luka, biasanya fatal.ā Dr. Stevenson, telah mengumpulkan ribuan rekaman dari anak-anak berumur dari 2-7 tahun yang tinggal di Timur Tengah, Eropa, Asia dan Amerika.
Sangat mencengangkan, karena ditemukan bahwa ingatan akan kehidupan masa lalu akan memudar sekitar umur 7 tahun. Anak-anak akan berbicara secara langsung tentang kehidupan masa lalunya, ingin pulang kembali ke “rumah”, rindu sebagai ibu dan suami dari kehidupan yang lain, dan sering ditunjukkan dengan adanya tanda ketakutan yang tidak biasanya dalam keluarga yang sekarang atau yang tidak dapat dijelaskan oleh kehidupannya sekarang. Sebagai tambahan, mereka mengetahui sesuatu hal dimana mereka tidak dapat belajar atau mendengar dari kehidupannya sekarang. Dan yang sangat menakjubkan adalah pernyataan anak-anak tersebut dapat dibuktikan dengan kehidupan nyata atau kejadian kematian dalam banyak kasus.
Dr. Stevenson menulis, “Sering, anak-anak ini berbicara tentang orang-orang dan kejadian-kejadian dari kehidupan sebelumnya, bukan kehidupan yang samar-samar dari abad yang lalu, akan tetapi kehidupan yang jelas, individu yang dapat dikenali, yang kadang-kadang tidak seluruhnya diketahui oleh keluarganya dan tinggal di kota yang berbeda atau tempat yang berbeda atau tinggal di negara yang lain.” Beberapa anak juga kelihatannya mengingat kehidupan sebelumnya yang terjadi pada dasawarsa yang lalu dan yang paling mencengangkan bahwa ia menemukan anak-anak yang dapat berbicara bahasa asing.
Dr. Stevenson telah mempublikasikan sepuluh buah karya khusus serta beberapa puluh tesis ilmiah, banyak diantaranya oleh para peneliti dianggap sebagai ākitab suciā mereka, terutama adalah dua karya buku, āTwenty Cases Suggestive of Reincarnationā dan āChildren Who Remember Previous Livesā, yang telah banyak dimanfaatkan oleh peneliti generasi penerus. Beberapa lainnya misalnya Reincarnation and Biology: A Contribution to the Etiology ofBirthmarks and Birth Defects, Where Reincarnation and Biology Intersect, and Cases of the Reincarnation Type; Vol I (India), II (Sri Lanka), III (Lebanon danTurki) dan IV (Thailand dan Birma).
āTwenty Cases Suggestive of Reincarnationā adalah karya Stevenson yang membuatnya menjadi tersohor. Dua puluh contoh kasus reinkarnasi yang tercatat di dalam bukunya adalah sebagian contoh kasus yang dikoleksi, diedit dan telah dilakukan verifikasi melalui perjalanan ilmiahnya antara tahun 1961 hingga 1965 dari India, Sri Langka, Brazil, Libanon hingga ke Alaska-Amerika. Di dalam buku tersebut ada satu contoh kasus dalam reinkarnasi yang sangat langka dan memiliki nilai penelitian istimewa, Professor Stevenson menyebutnya sebagai āExchange Incarnation / Pertukaran Inkarnasiā.
Pada tahun 1954, Jasbir anak dari Sri Girdhali Lal Jat yang berumur tiga setengah tahun dinyatakan mati karena cacar, ia belum sempat dikubur dan pada malam harinya telah hidup kembali. Setelah lewat beberapa hari, ia sudah mulai bisa berbicara lagi, bahkan beberapa minggu kemudian ternyata ia bisa dengan jelas mengekspresikan dirinya sendiri. Ia mengatakan dirinya bukan Jasbir sang anak, melainkan bernama Sobha Ram dan berusia 22 tahun, putra dari Sri Shankar Lal Tyagi Kepala Brahmana dari desa Vehedi.
Ia (Sobha Ram) menjelaskan dengan detail kematiannya: Pada tahun 1954, Ia ada di suatu prosesi perkawinan dari satu desa ke desa lain, Ia memakan sebuah permen yang beracun pemberian seseorang yang meminjam uang darinya, kemudian Ia menjadi pusing dan terjatuh dari atas kereta kuda yang ditumpanginya dan kepalanya terbentur hingga mati. Ia meninggalkan seorang istri (Sumantra) dan seorang anak lelaki (Baleshwar). Dalam kematiannya ia bertemu seorang āSaddhuā (orang suci) yang menyarankannya untuk mengambil tubuh lain dan ketika itu hanya ada tubuh Jabir yang tersedia.
Karena Ia Brahmana, Ia menolak segala makanan dari rumah, untung saja ada seorang perempuan Brahmana yang setiap hari berbaik hati membuatkan nasi untuknya jika tidak Ia kemungkinan bisa sungguh-sungguh mati kelaparan. Kemudian kisahnya telah memperoleh pembuktian, anggota keluarga kehidupan masa lampaunya sering mengajaknya keluar bermain. Ia bermain dengan sukaria di ārumah lamaānya, tidak sudi balik ke rumah lagi, karena ia di situ mengalami kesepian dan kesendirian.
Contoh lainnya dari hasil riset Ian Stevenson ialah seorang anak bernama Ravi Shankar dilahirkan 1951 di kota Kanaiy, India Utara. Ayahnya bernama Ram Gupta; sejak berumur dua tahun, si anak bersikeras bahwa ayah sebenarnya adalah seorang bankir bernama Jogeshwar. Dia juga mengatakan bahwa pada kehidupan lalunya dia dibunuh dengan digorok tenggorokannya oleh dua orang ā Chaturi dan Jamahar. Sebagai bukti, si anak menunjuk tanda lahir di lehernya, yang memang bertanda-lahir seperti bekas luka potong. Penyelidikan kemudian membuktikan bahwa ternyata setengah mil dari kediaman mereka, ada seorang bernama Jogeshwar yang mempunyai anak laki-laki bernama Munna yang telah dibunuh, persis seperti yang digambarkan oleh Ravi Shankar. Yang berwajib sejauh ini memang sangat mencurigai dua orang sebagai pembunuhnya, seorang binatu bernama Chaturi dan seorang bankir bernama Jamahar, namun mereka dibebaskan karena kurangnya bukti. Munna dibunuh enam bulan sebelum Ravi lahir.
Karya utama Stevenson termasuk: āReinkarnasi dan Ilmu Biologi ā Perjumpaan disiniā, āBahasa yang bisa sendiri tanpa dipelajari ā Penelitian baru terhadap kemampuan bahasa asing supra naturalā, āContoh kasus bentuk Reinkarnasi (4 jilid)ā. Meskipun Stevenson bukan orang pertama dari barat yang melakukan penelitian reinkarnasi, tetapi ia dengan sikap yang serius, gaya yang teliti dan status/posisi keilmuan yang menonjol telah memperoleh penghargaan dari seluruh masyarakat yang tidak pernah ada sebelumnya bagi reset reinkarnasi.
Dalam bukunya berjudul Birthmarks, Dr. Stevenson melaporkan ada lebih dari 200 kasus. Digambarkan dengan detail kematian anak-anak pada kehidupan sebelumnya, seperti terbunuh oleh suatu benda tajam. “Tanda lahir sering dihubungkan dengan luka atau tanda-tanda yang lain pada kematian seseorang yang hidup yang diingat oleh anak-anak”. Ia juga dapat menemukan hubungannya dari laporan visum kedokteran dan dapat juga membuktikan ketelitian dari masing-masing ingatan anak.
Tipe penelitian yang lain, seperti disebutkan sebelumnya adalah berdasarkan atas āhiptnotisā, yaitu setiap orang yang dihipnotis oleh seorang psikoterapi untuk memanggil ingatan pada kehidupan sebelumnya. Sebenarnya hipnotis tidak menggambarkan proses untuk memanggil kehidupan sebelumnya karena pada kenyataannya menggunakan teknik yang lebih maju yang disebut “Terapi Kilas Balik Kehidupan Masa Lalu (PRL).” Di bawah pengaruh PRL, pasien tidak tertidur dan gelombang otaknya berbeda dari kondisi tidur. Lebih jauh, berkenaan dengan gelombang otak, beberapa psikoterapi dapat menyebabkan pasien berada pada tingkat kesadaran yang berbeda daripada kondisi hipnotis tradisional. Kondisi ini dapat disamakan pada kondisi hening yang dicapai melalui suatu kultivasi. Telah diketahui bahwa dalam kondisi kesadaran yang terpusat, pasien dapat melakukan kontak dengan kesadaran yang lebih dalam, kemudian mereka dapat masuk ke masa lalu, sementara kesadaran yang sekarang masih aktif.
Memang PRL masih sangat kontroversial dan mendapat kecaman yang keras dari sejumlah ilmuwan. Namun demikian, David Quigley menemukan pada riset ilmiah dan percobaan dengan PRL ada sejumlah besar data yang akan membuktikan kepada ilmuwan bahwa banyak ingatan “kehidupan masa lalu” berdasarkan dari kisah nyata sejarah. Kemudian ia mengutip hasil riset dari Helen Wambach (Reliving Past Lives), Marge Riedes Mison ke Marlboro dan 30 kasus reinkarnasi milik Ian Stevenson. Dia berkata, “Siapa saja yang masih tidak mengakui ini, pada kenyataannya, mereka terperangkap dalam ‘ajaran’ yang tidak irasional, dapat disamakan dengan kepercayaan para “sarjana” gereja di abad ke-16 yang tetap pada kepercayaannya bahwa bumi sebagai pusat sistem tata surya.
Dr. BrianWeiss,M.D, seorang psikoterapi tradisional, lulusan Universitas Columbia, Yale Medical School dan Kepala Psikiatri Emeritus di Mount Sinai Medical Center di Miami, adalah orang yang paling terkenal menggunakan PRL. Setelah lulus dari Yale, dia mengajar di Universitas Pittsburgh dan Universitas Miami. Di umurnya yang ke delapan puluh, saat dia menjadi Kepala Psikiatri Emeritus, ia telah menerbitkan kurang lebih 40-an makalah.
Sebagai seorang yang terpelajar, dia tidak terlalu ambil perhatian terhadap para psikologi. Awalnya dia tidak mempunyai pengetahuan sama sekali dan tidak tertarik dengan reinkarnasi. Belakangan Dr. Weiss mulai tertarik akan masalah tersebut. Buku pertamanya yang membahas masalah reinkarnasi Many Lives, Many Masters terjual sebanyak dua juta kopi dan telah diterjemahkan ke lebih dari dua puluh bahasa.
Dalam buku Dr. Weiss yang berjudul: āCinta Sejati Singgah Selamanyaā, diantaranya dikisahkan seorang lelaki dan seorang wanita yang selamanya belum pernah kenal mencari Dr. Weiss untuk melakukan therapy āMengenangā. Kedua orang ini masing-masingnya mengingat kehidupan bersama pada masa lampau yakni 2000 tahun yang lalu di Jerusalem, ketika itu mereka adalah sepasang ayah dan anak, si ayah mengalami siksaan pasukan Roma dan mati di pelukan putrinya. Mereka berdua pernah bertemu satu kali di dalam klinik Dr. Weiss, namun karena etika profesi, Dr. Weiss tidak boleh saling membocorkan memori mereka. Akan tetapi setelah therapy mereka dinyatakan selesai, jemari takdir telah mengembangkan pengaturannya dengan gaib, kedua orang tersebut secara ākebetulanā bersamaan menumpang pesawat yang sama, kemudian saling berkenalan dan saling mencinta.
Dr. Helen Wambach dalam bukunya yang berjudul āReliving Past Lives and Life Before Lifeā diterbitkan pada tahun 1978 oleh Bantam Paperback Books. Buku ini memuat bukti dari reinkarnasi selama proses hipnosis. Dr. Wambach, dengan pengalaman profesionalnya semula dibingungkan dan cenderung sinis mengenai hal ini namun menjadi tertarik pada fenomena spritual dan mendapatkan satu kesimpulan pasti mengenainya.
Beliau melakukan survei selama sepuluh tahun mengenai kehidupan sebelumnya melalui metode hipnosis kepada 1.088 orang. Ia memilih subjeknya adalah kulit putih kelas menengah dari California. Usia subjek rata-rata adalah 30 tahun, lahir setelah tahun 1945. Dalam Hipnosis, Dr. Wambach menanyakan secara spesifik mengenai waktu kehidupan mereka, status sosial, keseharian mereka, ras, jenis kelamin, pakaian, perabotan, uang, rumah dan yang mereka suka di kehidupan sebelumnya.
Perlu dicatat, bahwa sebelum hipnosis pada umumnya mereka berpikir bahwa di kehidupan dulu mereka adalah seorang terkenal, sukses atau orang terhormat dan bukan sebagai orang biasa seperti petani atau di kehidupan suku primitif.
Hasil analisis dari data yang terkumpul, Dr. Wambach menyimpulkan bahwa informasi melalui metoda hipnosis dengan rekaman sejarah adalah sesuai dengan fakta dengan pengecualian pada 11 subjek, sebagai contoh seorang subjek mengatakan bahwa ia main piano pada abad ke-15, padahal piano ditemuan baru dua abad setelahnya, sembilan subjek memberikan deviasi tipis pada frame waktu sejarah, 1% dari seluruh subjek ternyata tidak memberikan informasi akurat selama hipnosis.
Dari status sosial, Dr Wambach menemukan hasil bahwa mereka 10% dari kelas atas, 20-35% kelas menengah dan 55-70% dari kelas bawah dengan proprosi kelas menengah adalah relatif lebih besar pada tahun kehidupan mereka di 1000 SM, kemudian menurun dan meningkat kembali di taun 1700 M dibandingkan dengan tahun 1000 SM. 60-77% hidup dibawah standar kemiskinan, memakai pakaian buatan sendiri, rumah dari atap jerami. Mayoritas adalah petani yang bekerja tiap hari di ladang, tidak ada dari mereka yang dahulunya adalah orang terkenal dalam sejarah. Mereka yang memiliki status sosial tinggi kelihatannya tidak menyukai kehidupan mereka (petani) mempunyai beban untuk bertahan hidup. Mereka yang dulunya hidup sebagai petani atau hidup di suku yang primitif puas dengan kehidupan mereka.
Mereka pernah hidup di berbagai area geografi mempunyai warna rambut yang berbeda-beda. Dr Wambach membagi kehidupan mereka sebelumnya ke dalam turunan Kaukasus, Asia, Indian, Kulit Hitam dan Timur Tengah. Di sekitar kehidupan 2000 SM, 20% subjek adalah ras Kaukasus, hidup tersebar di Timur Tengah, Mediterania, Eropa dan Asia Tengah (Kazakhstan, Uzbekistan, dsb yang dulu dinamakan daerah padang rumput).
Antara kehidupan tahun 1900 sampai 1945, 1/3 adalah ras Asia. Banyak dari mereka yang meninggal karena penyebab non alami selama tahun 1900-1945, yaitu dua perang dunia dan perang sipil di negara-negara Asia. Mereka segera reinkarnasi setelah meninggal. 69% dari subjek yang meninggal di sekitar tahun 1850-an adalah ras Kaukasus. Yang meninggal tahun 1900-1945, 40%-nya ras Kaukasus.
Jenis kelamin subjek adalah tidak sama di berbagai kehidupan, sebagai contoh seorang pria dulunya adalah wanita dan hidup di China pada tahun 480 SM. Pria lainnya dulunya lahir sebagai seorang wanita Indian yang meninggal akibat sulit melahirkan. Pria itu dapat menggambarkan kesakitan yang ia derita. Dari populasi, rasio pria dan wanita di kehidupan dahulunya adalah sama disetiap usianya.
Mereka yang hidup di tahun 500 SM menyatakan bahwa makanan tidaklah buruk. 20% mengingat bahwa mereka memakan daging unggas dan biri-biri. Namun di sekitar tahun 25 M sampai dengan 1200 M, kebiasaan makan masyarakat menjadi lebih buruk, para subjek mengatakan bahwa makanan kurang ada rasanya.
Satu orang ingat bahwa ia hidup pada tahun 800 M di daerah yang saat ini dinamakan Indonesia, ia mengingat bahwa ia makan sejenis kacang-kacangan yang ia tidak pernah lihat dalam kehidupannya sekarang. Suatu ketika ia melihat jenis kacang itu ada di majalah dan persis dengan yang ia ingat makan selama periode hipnosis. Artikel tersebut mengatakan bahwa kacang-kacangan itu hanya ditemukan di pulau Bali.
Situs Past Life Memory Bank merekam pengakuan orang-orang yang mengklaim bahwa mereka pernah dilahirkan sebagai binatang misalnya Merpati, Srigala, Anjing, Unta, Ikan, dan sebagainya.
Menurut Survey dan polling tahun 1999-2002, populasi orang-orang yang percaya pada reinkarnasi di Negara-negara Nordic adalah 22%, Negara-negara Baltic, termasuk Lithuania 44%. Jerman Timur 12%, Russia 33%, Negara Eropa Barat 22%. Sedangkan menurut Survey Subday Telegraph di London, tahun 1985, 28% dari orang Inggris percaya akan reinkarnasi. Survei George GallupĀ pada tahun 1982, menyatakan bahwa 67% dari orang Amerika percaya akan kehidupan sesudah mati dan 23% percaya pada reinkarnasi.Ā Tahun 2005, 20% Orang dewasa Amerika percaya reinkarnasi.Ā Menurut survei Barna Group, NGO riset Kristen, 25% Kristen Amerika percaya reinkarnasi. [Dr. Joel L. Whitton Ph.D dan Joe Fisher: Life Between Life, penerbit Gafton, 1987, hal 87.]
Col. Albert de Rochas, Dr. Stevenson, Dr. Brian Weiss dan Dr. Helen Wambach bukanlah Ilmuwan yang beragama Hindu atau Buddha. Pada awalnya mereka skeptic dan tidak netral mendukung reinkarnasi. Namun dari penelitian mereka menyatakan bukti-bukti adanya reinkarnasi yang tidak mampu dijelaskan oleh ajaran Islam dan Kristen!
Penganut ajaran dari India dan agama Timur lainnya tidak akan ragu sedikitpun apabila disuguhi kisah nyata reinkarnasi karena dasar ajaran agamanya memang mengenal konsep reinkarnasi.
B. Kisah Nyata Reinkarnasi
Berikut adalah penggalan kisah nyata reinkarnasi yang dicatat bukan hanya dari mereka yang lahir sebagai penganut agama-agama Timur, tetapi juga dari mereka yang beragama Abrahamik.
Shanti Devi, seorang gadis muda dari India, yang tinggal di Delhi (lahir tahun 1926), yang pada umur tiga tahun mulai mengingat dan bercerita tentang hal-hal dari kehidupan masa lalu di kota Muttra yang jauhnya 80 mil. Dia mengatakan bahwa dia telah menikahi seorang saudagar kain, melahirkan seorang anak laki-laki dan meninggal dunia 10 tahun kemudian, dan banyak pernyataan yang diceritakan secara detail tentang kehidupan masa lalunya sampai ia berumur 9 tahun. Pernyataan-pernyataan tersebut direkam.
Suatu komisi dibentuk untuk merencanakan dan menyaksikan kunjungannya ke Muttra, tempat keluarga yang sering disebut oleh Shanti Devi, dan menyaksikan bahwa ia benar-benar mengenali sanak saudaranya yang lain dimasa lalu, mengetahui dengan detail jalan ke rumahnya yang dahulu dikenalinya dan bahkan mengungkapkan bahwa ada uang yang disembunyikannya di dalam rumah tersebut. Tempat persembunyiannya ditemukan dan mantan suaminya mengakui dia telah memindahkan uang tersebut. Jadi apa yang diceritakan oleh Shanti Devi itu memang benar-benar nyata.[San Francisco Examiner, 28/8/1928]
Swarnlata Mishra lahir pada keluarga kaya dan intelektual di Pradesh India pada tahun 1948, ketika ia berusia 3 tahun dan bepergian dengan ayahnya melewati kota Katni (lebih dari 100 Mil dari rumahnya), tiba-tiba ia menunjuk dan meminta supir untuk berbelok arah menuju ārumahkuā dan mengajak mereka untuk menikmati secangkir teh di sana daripada meneruskan perjalanan.
Beberapa saat kemudian, ia menceritakan lebih detail mengenai hidupnya di Katni (semuanya dituliskan oleh ayahnya). Namanya adalah Biya Pathak, dan ketika itu ia punya 2 anak, ia memberikan detail keadaan rumahnya di Zhurkutia, Distrik Katni, ada pintu hitam dengan baut besi, empat ruangan disemen namun di bagian lainnya belum selesai, lantai depan dari batu. Di belakang rumah ada sekolah khusus wanita, di depan jalan ada rel kereta api dan tempat pembakaran kapur yang terlihat dari rumah. Ia menambahkan bahwa keluarga itu mempunyai sepeda motor (barang yang sangat langka di tahun 1950 dan bahkan lebih langka lagi sebelum Swarnlata lahir). Swarnlata katakan bahwa Biya wafat karena āsakit di tenggorokanā dan ia dirawat oleh Dr. S.C Bhabrat di Jabalpur. Ia juga ingat insiden pada satu perkawinan ketika ia dan temannya sulit menemukan kakus.
Di musim semi 1959, ketika Swarnlata berusia 10 tahun, berita kasus ini sampai pada Prof. Sri H.N.Banerjee, seorang peneliti penomena paranormal keturunan India yang merupakan rekan sekerja Stevenson. Banerjee membawa catatan yang dibuat ayah swarnlata dan mengunjungi Katni untuk memverifikasi ingatan Swarnlata.
Dengan menggunakan deskripsi yang diberikan Swarnalata, ia menemukan rumah keluarga Pathak yang ketika itu telah diperbesar dan mengalami peningkatan daripada tahun 1939 ketika Biya meninggal. Pathak merupakan keluarga yang makmur, terkemuka, terpelajar dengan banyak keterlibatan bisnis. Mereka tidak mempercayai adanya Reinkarnasi. Pembakaran kapur berada di sekitar tanah milik sekolah khusus wanita, 100 yard dibelakang tanah Patak tapi tidak terlihat dari depan.
Ia menginterview keluarga dan memverifikasi semua yang dikatakan Swarnlata. Biya Pathak wafat tahun 1939, meninggalkan suami, 2 orang anak lelaki dan banyak adik lelaki. Pathak tidak pernah mendengar tentang keluarga Mishra yang tinggal 100 mil jauhnya dan Mishra pun tidak mempunyai pengetahuan apapun tentang keluarga Pathak.
Pada musim panas 1959, Suami Biya, anak dan saudara tertua bepergian ke Chhatarpur, kota tempat tinggal Swarnlata, untuk mencek ingatan Swarnlata. Mereka tidak mengungkapkan identitas dan tujuan mereka pada siapapun di kota, namun terdaftar 9 orang di kota menemani mereka ke rumah Mishar dengan tidak memberitahukan kedatangan mereka terlebih dahulu.
Swarnlata segera mengenali kakaknya dan memanggilnya āBabuā panggilan sayang Biya untuknya. Swarnlata yang berusia 10 tahunan berjalan ke sekeliling ruangan kepada tiap orang secara bergilir, beberapa ia kenal sebagai penduduk kotanya, beberapa adalah orang asing baginya. Sesampainya ia di depan Sri Chintamini Pandey, suami Biya, Swarnlata menundukan wajahnya, tersipu malu seperti layaknya istri Hindu ketika berhadapan dengan suaminya dan menyebutkan namanya.
Swarnlata juga menyebutkan dengan tepat anak dari kehidupan lampaunya, Murli, yang berusia 13 tahun saat Biya wafat. Murli berencana mengecoh Swarnlata. Selama lebih dari 24 jam bersikeras bahwa ia bukan Murli namun orang lain. Murli juga membawa teman dan juga mencoba mengecoh Swarnlata dengan bersikeras bahwa itu adalah Naresh, anak Biya yang lain, yang seumuran dengan temannya itu. Swarnalata bersikeras bahwa orang itu tidak dikenalnya! Akhirnya Swarnalata mengingatkan Sri Pandey bahwa Pandey pernah nyolong 1200 rupee yang Biya simpan di Box. Sri Pandey mengakui fakta pribadi yang hanya diketahui ia dan istrinya saja!
Beberapa minggu kemudian, Swarnalata dan ayahnya ke Katni untuk mengunjungi kampung halaman di mana Biya tinggal dan meninggal. Sesampainya disana, Swarnlata segera mengenali perubahan yang terjadi di rumah itu. Ia menanyakan tentang sandaran di belakang rumah, beranda dan pohon neem yang biasa tumbuh di halaman yang semuanya tidak ada lagi setelah kematian Biya. Ia mengenali kamar biya di mana Biya meninggal. Ia mengenali kakak Biya dan menyatakan sebagai kakak kedua, juga yang ketiga dan yang keempat, istri dari saudara termudanya anak dari kakak keduanya, teman dekat kelurganya (menyebutkan bahwa teman keluarganya itu sekarang memakai kacamata dan dulu tidak) dan istrinya (memanggil namanya āBhoujaiā). Ia juga dengan tepat mengidentifikasi pembantu terdahulu, penjual buah pinang tua dan keluarga penggembala sapi, meskipun adik lelakinya berusaha untuk mengetes Swarnlata bahwa penggembala itu sudah wafat.
Kemudian, Swarnalata dihadapkan pada ruangan yang penuh dengan orang dan ditanya ada yang dikenalnya atau tidak. Ia dengan tepat menunjuk sepupu laki-laki suaminya, Istri dari ipar Biya, Bidan (yang disapa dengan nama ketika Biya masih hidup, bukan dengan nama saat ini). Anak Biya, Murli dalam satu tes yang lain ia mengenalkan Swarnlata dengan seorang pria yang katakan teman barunya, Bhola. Namun Swarnlata bersikeras bahwa itu adalah anak keduanya, Naresh. Dalam satu tes lain, saudara termuda Biya mengatakan bahwa Biya kehilangan gigi, Swarnlata katakan bahwa Biya mempunyai gigi emas di bagian depan. (Justru si adik lupa bahwa Swarnlata pake gigi emas, namun istrinya si adik menyatakan bahwa yang dikatakan swarnlata itu benar).
Swarnlata bertindak sangat Pede, berprilaku sebagai kakak tertua di rumah, akrab dengan nama intim dan rahasia keluarga dan mengingat hubungan perkawinan dan lain-lain. Swarnlata berperilaku sepantasnya dengan tetua Biyam namun ketika berdua dengan anak-anak Biya, ia begitu relaks dan berperilaku seperti ibu, meskipun terlihat jelas kejanggalan bahwa anak 10 tahunan dengan pria-pria di usia pertengahan 30.
Saudara-saudara pria di keluarga Pathak dan Swarnlata mengikuti kebiasaan Hindu, Rakhi, di mana kakak dan adik tiap tahun memperbaharui sayang di antara mereka dengan bertukar kado, bahkan keluarga Pathak agak kesal dan kecewa satu tahun ketika Swarnalata lupa upacara itu. Mereka merasa bahwa Swarnlata hidup bersama mereka 40 tahun dan hanya 10 tahun dengan keluarga Mishra jadi merasa lebih berhak atasnya. Ini bukti betapa percayanya keluarga itu bahwa Swarnlata adalah Biya. Mereka mengakui mengubah pandangan mereka tentang reinkarnasi sejak bertemu Swanlata dan mengakui bahwa ia adalah kelahiran kembalinya Biya. Beberapa tahun kemudian, ketika waktunya Swarnlata menikah, Ayah Swarnlata berkonsultasi dengan keluarga Pathak mengenai pilihan suaminya.
Patton adalah panglima terkenal dari pasukan sekutu ketika terjadi perang dunia kedua, terkenal akan keberanian dan kemahirannya bertempur. Konon Ia mempercayai Reinkarnasi.
Tatkala Patton berusia remaja, Ia beranggapan bahwa pada kehidupan masa lampaunya. Ia pernah mengabdi kepada Jendral terkenal, Hannibal dari Cartago, pernah pula sebagai prajurit Roma kuno, anak buahnya Napoleon, sebagai prajurit Kavaleri dari Jendral Kerajaan Roma Timur. Pendeknya, berbagai peran dalam pertempuran bersejarah sepertinya pernah ia jalani. Jadi, ia menganggap dirinya kelak sudah pasti menjadi pahlawan perang.
Apabila anda merasa bahwa hal-hal tersebut hanyalah bualan Patton, kisah di bawah ini barangkali akan mengkoreksinya.
Ketika itu Patton memimpin pasukan di wilayah padang pasir Afrika Utara berperang menghadapi tentara Jerman. Suatu kali, seorang perwira Perancis berkendara membawa Patton menuju garis depan memeriksa keadaan medan laga. Di tengah jalan, Patton tiba-tiba memintanya berbelok arah. Perwira Perancis sempat kebingungan, ia mengatakan medan perang bukan di arah tersebut. Sedangkan Patton ngotot bahwa itu adalah medan perang, namun bukan medan perang pada hari ini.
Akhirnya di bawah arahan Patton mereka tiba pada medan perang kuno 2000 tahun yang lalu. Perwira Perancis menjadi heran bagaimana Patton mengetahui lokasi ini, Patton menjawab bahwa dirinya pernah mengikuti pasukan besar Roma ke tempat tersebut.Ā Family Clan Patton mempunyai tradisi mahir berperang. Banyak anggota Clan termasuk Patton menyatakan pernah secara jelas menyaksikan roh dari leluhur. Kemahiran Patton tentang perang, apakah berkat perlindungan dari leluhur, ataukah berasal dari pengalaman kehidupan masa lalunya? (Sumber: Erabaru)
Jane Evans, adalah seorang ibu rumah dari Welsh, awalnya ia hanya berkonsultasi mengenai sakit rematik yang diidapnya kepada Arnell Bloxham, seorang praktisi hipnoterapis yang mempunyai reputasi tinggi dan juga seorang President Ikatan Hypnotherapist Inggris. Namun kemudian, di sesi Hipnosisnya, Ia mengungkapkan 7 kehidupan masa lalunya termasuk satu kehidupan, saat ia sebagai seorang Wanita Yahudi yang hidup di kota York, Inggris pada abad ke 12.Ā Ia menggambarkan banyak sekali detail kehidupan masyarakat Yahudi di jaman itu, bagaimana ia dan juga penduduk Yahudi lokal lainnya dipaksa menggunakan semacam peneng pengenal diri bahwa mereka Yahudi. Ia juga bercerita mengenai satu kejadian mengerikan yaitu pembantaian besar-besaran yang menimpa populasi Yahudi saat itu yang dilakukan para penduduk lokal. Selama kejadian itu, ia juga ingat bagaimana Ia bersama anaknya bersembunyi di sebuah ruang bawah tanah gereja setempat yang akhirnya ditemukan massa dan kemudian terbunuh.
Professor Barrie Dobson, Ahli sejarah Yahudi dari York University, diminta untuk mengkaji kebenaran ingatan ini. Ia kemudian menemukan bahwa deskripsi kehidupan Yahudi di abad ke-12, yang di sampaikan oleh Jane mempunyai tingkat akurasi yang sangat mengagumkan dan bahkan banyak detail informasi tersebut hanya diketahui oleh para ahli sejarah yang sangat profesional.
Beberapa detail, awalnya belum tepat. Pertama, baru di abad ke-13 (1215 M, persisnya) otoritas gereja roma menitahkan agar para Yahudi yang ada diseluruh negara Kristen harus memakai identifikasi khusus. Kedua, dari deskripsi Jane, gereja yang dimaksud adalah St. Maryās Castlegate, namun tidak ada ruang bawah tanahnya.
Kemudian, di proses investigasi yang lebih mendalam, terungkaplah bahwa pratek-praktek bahwa para yahudi diharuskan memakai semacam peneng pengenal diri ternyata sudah tersebar luas di daerah Ingris selama abad ke-12 bahkan terjadi sebelum titah otoritas gereja. Yang menakjubkan juga adalah pada beberapa bulan kemudian, saat dilakukan renovasi pada gereja, sebuah ruang rahasia ditemukan dibawah lantai yang kelihatan seperti ruang bawah tanah. Suatu fenomena yang jarang terjadi pada gereja-geraja di area tersebut.Ā Kisah ini diverifikasi Jeff Iverson, Produser Televisi dari BBC.
Ny Smith mengaku sejak usia 10 tahun kerap dihantui mimpi bahwa ia pernah hidup sebagai istri pendeta kaum Chatar di abad ke-13.Ā Saat dalam perawatan, ia bisa menceritakan detail pembantaian massal terhadap kaum Cathar di Eropa (Perancis) karena diangap sebagai aliran sesat dari agama Kristen. Ny. Smith menyebutkan bahwa banyak pendeta Cathar yang dibunuh dan dibakar. Ia sendiri mengaku diikat massa dan dibakar hidup-hidup di tumpukan kayu bakar. Ia juga menggambarkan detail pakaian, struktur bangunan, dan peradaban di masa itu.Ā Sang dokter melakukan penelitian detail dan melakukan crosscheck terhadap pengakuan si pasien. Ia terkejut ketika menemukan sebuah fakta sejarah yang sejalan dengan penuturan Ny. Smith yang sama sekali tidak paham sejarah kaum Cathar.
Sejarah mencatat bahwa Paus Innocent III meluncurkan perang salib brutal atas pengikut sekte Cathars yang mempercayai adanya reinkarnasi. Kejadian tersebut menyebabkan terjadinya pembantaian puluhan ribu pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah.Ā Dari manakah para pasien ini mendapatkan informasi detail yang bahkan hanya tertulis di literatur yang nyaris tak pernah dipublikasikan untuk awam?
Imad Elawar , lahir pada tanggal 21 Desember 1958 di desa Kornayel Lebanon. anak dari Mohammad dan Nasibeh Elawar. Ketika berusia 1,5 sampai dengan 2 tahun ia mulai membuat referensi atas kehidupannya terdahulu. Ia menyebut sejumlah nama orang dan beberapa peristiwa dalam hidupnya terdahulu, dan juga sejumlah benda-benda yang dinyatakan dimilikinya. Kadang-kadang ia bicara kepada dirinya sendiri tentang orang-orang yang nama-namanya ia sebut-sebut, bertanya kepada dirinya sendiri dengan suara keras-keras bagaimana keadaaan orang-orang ini sekarang. Disamping berguman terhadap dirinya sendiri, pernyataan-pernyataannya tentang hidupnya terdahulu keluar pada saat-saat yang aneh, ketika sesuatu tampaknya merangsang pernyataan demikian. Ia juga berbicara mengenai hal itu dalam tidumya. Imad mengatakan bahwa ia hidup di desa Khirby dalam keluarga Bouhamzy. la meminta kepada orang tuanya untuk membawanya ke Khirby.Ā Ayahnya menghardik Imad pembohong karena mengatakan hal-hal mengenai hidupnya terdahulu. Imad tetap membicarakan hal ini.
Suatu hari Salim el Aschkar, seorang penduduk Khirby datang ke Kornayel. Salim kawin dengan seorang gadis dari Kornayel, karena itu ia sewaktu-waktu mengunjungi desa ini. Ketika Salim lewat Imad sedang berada di jalan bersama neneknya. Ketika Imad melihat Salim, ia berlari menyongsong Salim dan memeluknya. Salim bertanya : āApakah kamu mengenal saya?ā Imad menjawab: āYa, kamu adalah tetangga saya.ā Salim dulu memang tetangga keluarga Bouhamzy, tapi sekarang Salim sudah pindah rumah. Pernyataan yang tak terduga ini menimbulkan kepercayaan pada ayah Imad, tapi keluarganya tidak mengambil tindakan untuk mengecek kebenaran dari pernyataan-pemyatan Imad. Beberapa waktu kemudian, mereka bertemu dengan seorang wanita dari Maaser el Shouf, satu desa dekat Khirby, yang datang ke Kornayel untuk satu kunjungan. Dia menegaskan kepada orang tua Imad bahwa beberapa orang yang nama-namanya disebut-sebut oleh Imad memang ada atau pernah hidup di Khirby.
Kata-kata pertama yang diucapkan oleh lmad adalah āJamilehā dan āMahmoudā. Imad bercerita tentang suatu peristiwa kecelakaan dimana sebuah truk menabrak seorang laki, mematahkan kedua kakinya dan luka berat lain, yang menyebabkan laki-laki itu meninggal. Imad bercerita tentang pertengkaran antara sopir truk dengan orang yang ditabrak dan yakin bahwa sopir itu sengaja hendak membunuh laki-laki itu dengan mengarahkan truk untuk menabraknya.
Ayah Imad mencoba menghubung-hubungkan ucapan-ucapan Imad menjadi sebagai berikut. Mahmoud Bouhamzy menikah dengan Jamileh. Kemudian Mahmoud tertabrak truk dan tewas.
Pada bulan Desember 1963, satu pengumuman dan undangan dari Khirby untuk penguburan Said Bouhamzy, seorang tokoh Druze di Khirby disampaikan ke Kornayel. Paman Imad, seorang tokoh Druze di Komayel dan ayah Imad karena ingin tahu datang ke Khirby. Inilah kunjungan mereka yang pertama ke Khirby. Adalah kebiasaan orang-orang Druze untuk saling mengundang bila ada kematian khususnya bila yang mati itu adalah orang penting. Sebelumnya kedua keluarga ini belum saling mengenal. Dan pada kesempatan itu mereka tidak melakukan pengecekan apapun atas pengakuan Imad.
Komayel adalah satu desa di pegunungan kira-kira 15 mil di sebelah timur Beirut. Khirby kira-kira 20 mil di sebelah tenggara Beirut. Jarak lurus dari Komayel ke Khirby adalah 15 mil. Tapi bila mengikuti jalan melingkar pegunungan dari Kornayel menuju Khirby jaraknya adalah 25 mil.
Stevenson ke Lebanon saat mengadakan penelitian di Brazil. Stevenson mendengar adanya kasus-kasus reinkarnasi dari seorang penerjemahnya yang berasal dari Lebanon. Pada bulan Maret 1964 ia datang ke Lebanon. Ketika itu Imad berusia 6 tahun. Dr. Ian Stevenson mengadakan penyelidikan atas kasus ini. Setelah melakukan pengecekan terhadap ucapan-ucapan Imad melalui wawancara dengan 20 orang informan, di Kornayel, Khirby, Baadaran di Lebanon dan Raha di Syria, akhirnya diketahui orang yang dimaksud oleh Imad sebagai hidupnya terdahulu adalah Ibrahim Bouhamzy. Mahmoud adalah paman Ibrahim dari pihak ibu. Sedangkan keluarga Bouhamzy yang meninggal karena tertabrak truk pada bulan Juni 1943 adalah Said Bouhamzy.
Ibrahim Bouhamzy telah meninggal pada tanggal 18 Desember 1949, dalam usia 26 tahun karena TBC, tujuh tahun sebelum Imad lahir. Ketika masih hidup, Ibrahim mempunyai āpacarā (mistress, bhs Bali = mitra) bernama Jamileh. Mereka tidak pernah menikah. Setelah Ibrahim meninggal, Jamileh menikah dengan laki-laki lain dan pindah dari Khirby ke desa Aley 8 mil dari Komayel.
Dari semua orang yang disebut oleh Imad terkait dengan kehidupannya sebelumnya, Jamileh menempati posisi utama. Namanya adalah kata pertama yang diucapkan secara jelas ketika Imad mulai bicara dan sejak itu sering dia ucapkan. Dia mengatakan dia membelikan baju-baju merah untuknya dan membandingkan kecantikan dan baju Jamileh dengan kecantikan dan baju ibunya, misalnya ia mengatakan ibunya tidak memakai sepatu hak tinggi seperti Jamileh. Kerinduan Imad dengan Jamileh mencapai ekspresi puncaknya ketika suatu hari ia berbaring di tempat tidur dengan ibunya dan ia tiba-tiba meminta ibunya untuk bertingkah seperti Jamileh. Peristiwa ini terjadi ketika Imad berusia sekitar 3 tahun.
Tang Jiangshan, 2002 Edisi ke 7 tahun 2002 majalah āFemina Dunia Timurā dari propinsi Hai Nan ā Tiongkok telah memuat sebuah kisah reinkarnasi yang mengharukan, mengkisahkan pengalaman dari Tang Jiangshan dari kecamatan Gan Cheng, kota Dong Fang di timur pulau/propinsi Hai Nan.Ā Tang Jiangshan lahir pada tahun 1976. Ketika berumur 3 tahun, pada suatu hari ia tiba-tiba mengatakan kepada kedua orangtuanya: āSaya bukan anak kalian, pada kehidupan lampau nama saya adalah Chen Mingdao, ayah kehidupan lampauku bernama San Die. Rumah saya di Dan Zhou, dekat laut.ā Omongan ini kalau didengar orang lain bagaikan omong kosong. Perlu diketahui, Dan Zhou terletak di utara pulau Hai Nan, berjarak 160 km dari kota Dong Fang.
Selain itu Tang Jiangshan mengatakan bahwasanya dirinya dibunuh dengan menggunakan golok dan tombak di dalam aksi kekerasan pada masa revolusi kebudayaan, konon di bagian pinggangnya masih terdapat bekas luka bacok peninggalan kehidupan masa lalu. Yang membuat orang merasa takjub ialah Tang Jiangshan mampu berbicara dialek Dan Zhou dengan sangat fasih. Orang Dan Zhou berbicara bahasa Jun, berbeda sekali dengan dialek Hok Kiannya kota Dong Fang, seorang bocah berumur beberapa tahun, bagaimana bisa?
Pada saat Tang Jiangshan berumur 6 tahun, ia mendesak keluarga untuk membawanya mengunjungi kerabatnya pada kehidupan masa lampau. Keluarganya tidak mau, maka ia mogok makan, akhirnya sang ayah menurutinya, dan di bawah pengarahannya berkendaraan menuju tempat dimaksud di desa Huang Yu, kecamatan Xin Ying ā kota Dan Zhou. Tang Jiangshan langsung menuju kehadapan pak tua Chen Zan Ying, menggunakan bahasa Dan Zhou dan memanggilnya āSan Dieā, mengatakan dirinya bernama Chen Mingdao, adalah putra Chen Zan Ying yang pada masa revolusi besar kebudayaan oleh karena bentrokan fisik sehingga dibinasakan orang. Sesudah meninggal, terlahir kembali di kecamatan Gan Cheng ā kota Dong Fang, kini datang mencari orang tua kehidupan masa lampaunya. Mendengar penuturan itu, Chen Zan Ying tertegun sejenak, tak tahu bagaimana harus bersikap. Kemudian si anak kecil ini menunjukkan kamar tidur kehidupan masa lampaunya, dan menghitung satu persatu benda-benda pada kehidupan lampaunya. Menyaksikan semuanya ini, dengan kenyataan pada masa lalu sama sekali tidak meleset, pak tua Chen Zan Ying berpelukan menangis karena terharu dengan Tang Jiangshan dan memastikan memang ia adalah kelahiran kembali anaknya yang bernama Chen Mingdao.
Tang Jiangshan juga telah mengenali kedua kakak perempuan dan kedua adik perempuannya serta para sobat kampung lainnya, bahkan termasuk teman wanita pada kehidupan masa lampaunya: Xie Shuxiang. Semua kejadian ini telah membuat takluk kerabat dan tetangga Chen Mingdao. Sejak saat itu, āManusia aneh dari dua masa kehidupanā: Tang Jiangshan memiliki dua rumah dan dua pasang orang tua. Ia setiap tahun hilir mudik antara Dong Fang dan Dan Zhou. Si tua Chen Zan Ying beserta keluarga dan orang-orang desa pada menganggap Tang Jiangshan sebagai Chen Mingdao. Oleh karena Chen Zan Ying tidak memiliki putra lainnya, Tang Jiangshan berperan menjadi anaknya dan berbakti hingga tahun 1998 ketika Chen Zan Ying meninggal dunia.
Para petugas bagian editor dari majalah tersebut pada awalnya juga tidak percaya akan hal tersebut, namun melalui pemeriksaan berulang kali dan pembuktian lapangan, mau tak mau juga mengakui kebenaran tentang kejadian tersebut.
Cameron Macaulay, 2006. Pada tanggal 8 September 2006 harian Inggris āThe Sunā telah memuat di internet berita tentang seorang anak lelaki yang bisa mengingat masa lampaunya. Anak lelaki berusia 6 tahun yang bernama Cameron Macaulay, satu-satunya yang membedakan ia dengan anak lelaki sebayanya ialah ia selalu membicarakan bahwa ia mempunyai ibu dan keluarga serta menyukai menggambar rumahnya sendiri, sebuah rumah putih yang terletak di tepi pantai. Kesemuanya itu tidak lagi berkaitan dengan kehidupannya kini. Tempat yang diceritakannya, dia sendiri tidak pernah tahu, dan terletak di pulau Bara berjarak 160 mil dari kediamannya sekarang ini.
Menurut Norma, ibunya Cameron Macaulay sekarang, semenjak kecil Cameron sesudah mulai bisa bicara, ia sudah lantas mengkisahkan kehidupan masa kanak-kanaknya sewaktu berada di pulau Bara. Ia mengkisahkan orang tua masa lampaunya dan bagaimana ayahnya meninggal, juga kakak perempuan maupun kakak laki-lakinya. Ia juga bilang ibu yang ia sebut-sebut ialah ibu masa lampaunya. Ia percaya penuh bahwa ia memiliki kehidupan masa lampau, Cameron sangat kuatir keluarga masa lampaunya merindukannya. Ia berharap keluarganya di pulau Bara mengetahui bahwa ia kini baik-baik saja.
Cameron, bahkan di penitipan anak juga tak hentinya menceritakan rumah masa lampaunya, mereka melakukan apa, bagaimana ia dari jendela kamar tidurnya menonton pendaratan pesawatā¦., ia mengomel rumahnya sekarang hanya mempunyai 1 kamar mandi, sedangkan rumahnya di pulau Bara mempunyai 3 buah. Ia menangis menginginkan ibu masa lampaunya, bilang bahwa ia merindukannya.
Oleh karena Cameron terus menerus memohon Norma untuk membawanya ke pulau Bara, akirnya Norma memutuskan membawanya ke pulau tersebut, juga pakar psikiater Universitas Virginia: Doctor Jim Tucker ikut mengiringi perjalanan mereka, ia adalah seorang pakar penelitian reinkarnasi anak. Cameron sekeluarga pada bulan Februari 2006 pergi ke pulau Bara. Sewaktu pesawat itu benar-benar mendarat, segalanya persis dengan yang diceritakan oleh Cameron. Pihak penginapan memberitahu Norma, pernah ada bernama Robertson menempati rumah putih di tepi pantai. Maka serombongan orang menuju ke rumah tersebut, akan tetapi para orang dewasa tidak memberitahukan Cameron pergi ke mana, mereka ingin menyaksikan apa yang akan terjadi.
Cameron langsung mengenali rumah tersebut, ia pun bersuka cita. Namun ketika mereka melewati pintu masuk, mimik gembiranya telah lenyap dari wajah Cameron, ia berubah sangat pendiam. Penyewa sebelumnya telah meninggal, tapi juru kunci mempersilakan mereka memasuki rumah tersebut. Di dalam rumah itu ternyata terdapat 3 buah kamar mandi, dan dari jendela kamar tidurnya bisa terlihat pemandangan laut. Di dalam ruang tersebut masih terdapat sudut-sudut tersembunyi yang semuanya diketahui oleh Cameron. Semenjak mereka kembali ke rumahnya di kota Glasgow, Cameron menjadi lebih pendiam. Norma mengatakan pergi ke pulau Bara adalah suatu hal terbaik yang telah mereka lakukan. Piknik kali ini telah membuat suasana hati Cameron menjadi lapang, ia tidak lagi mendambakan pulau Bara. Para orang dewasa pun memahami Cameron bukan sedang mengarang cerita, mereka telah mendapatkan jawaban yang mereka cari. Akan tetapi yang jelas, memori terhadap kehidupan masa lampau seiring dengan bertambahnya usia si empunya cerita akan semakin memudar. Kisah Cameron telah dibuatkan film dokumenter yang berjudul āAnak Lelaki Ini Pernah Hidup Di Masa Lampauāoleh TV 5 Inggris. (Di kutip dari Era baru:Tang & Cameron)
bagus sekali
Keren mas, saya baru tau tentang ini
Assalamu’alaikum.
Dan m-u-n-g-k-i-n islam adalah reinkarnasi terakhir dari agama2 sebelumnya menjelang pralaya.
Wassalam.
hmmm…..
Reinkarnasi sungguh ide yang hebat…….
Para muslim yang berhasil mencapai surga, setelah bosan menikmati bersama bidadari m-u-n-g-k-i-n akan berinkarnasi menjadi penganut veda untuk mencapai langit ke-tujuh.
Sedang yang mencapai neraka m-u-n-g-k-i-n berinkarnasi menjadi muslim garis keras dan menjadi teroris………. agar bisa mati jihad dan setelah mati masuk surga untuk menikmati bersam tujuh bidadari kemudian setelah bosan m-u-n-g-k-i-n berinkarnasi menjadi pemuka islam dan kawin berulang kali termasuk mengawini wanita dibawah umur, meniru nabi-nya, kemudian mati karena sepilis lalu masuk neraka kekal. hmm……………..
sebuah pencapaian yang masuk akal dan hebat.
Maaf lahir batin kalau salah tuan yang mulia dan hebat samaranji.
Dalam Bhagavata Purana 12.3.30 disebutkan; āSa kaler tamasa smrtah, ketika sifat alam tamas (kegelapan/kebodohan) begitu pekat menyelimuti penduduk dunia, masa itu disebut Kali-Yuga. āKaler prasupto bhavati sah, waktu ketika manusia tidur, itu di-sebut Kali-Yuga (Manu Smrti IX.302)ā. Disini kata tamas (kegelapan) dan prasupto (tidur) berarti manusia tidak insyaf pada hakekat dirinya sebagai jiva spiritual abadi. Karena itu, Kali-Yuga disebut jaman kegelapan spiritual.
Kali-Yuga adalah salah satu dari empat (catur) Yuga yang kondisi kehidupan manusianya paling buruk dan paling jelek akibat kegelapan spiritual. Keempat Yuga dimaksud adalah:
1. Satya-Yuga
2. Treta-Yuga
3. Dvapara-Yuga, dan
4. Kali-Yuga.
Veda menyatakan,āSa kalir tamasa smrtah, Kali-Yuga disebut jaman tamas, kegelapan/kebodohanā (Bhagavata Purana 12.3.30). Tamas (kegelapan/kebodohan) adalah salah satu unsur Tri-Guna, tiga sifat alam material yaitu sattvam (kebaikan), rajas (kenafsuan) dan tamas (kegelapan).
Mengenai sifat alam tamas ini, Veda menjelaskan sebagai berikut, āSifat alam tamas ini menyebabkan manusia mengkhayal, sehingga manusia menjadi berpikir tidak waras, malas dibidadang kerohanian dan banyak tidurā. Selanjutnya dikatakan,āAdharmam dharman iti ya manyate tamasavrta, diliputi sifat tamas, manusia menganggap yang benar adalah salah dan yang salah adalah benar, sehingga sarvarthan viparitams ca, segala kegiatannya menuju kearah sesatā (Bhagavad Gita 18.32).
Penjelasan Veda lebih lanjut adalah sebagai berikut:
1. Dalam masa Kali-Yuga, manusia cendrung semakim rakus, berprilaku jahat (korup) dan tidak mengenal belas-kasihan. Mereka bertengkar satu dengan yang lain tanpa alasan benar. Mereka bernasib malang, diliputi beraneka-macam keinginan material dan sudra-dasottarah prajah, mayoritas tergolong sudra dan manusia tidak beradab (Bhagavata Purana 12.3.25).
2. Kegiatan tipu-menipu dan berbohong, malas dibidang kerohanian, banyak tidur dan tindak kekerasan, kecemasan, kesedihan, kebingungan, ketakutan dan kemiskinan merajalela (Bhagavata Purana 12.3.30).
3. Karena fakta-fakta tersebut, maka Kali-Yuga sering disebut sebagai jaman kemerosotan akhlak dan moral, jaman perselisihan dan pertengkaran, jaman kepalsuan, jaman edan, jaman kekalutan, jaman kemunafikan, jaman penderitaan dan kesengsaraan
reinkarnasi jaman sekang / kali-yuga merupakan pelaku kemerosoton spiritual yang menunggu kiamat/pralaya. yang akan diselamatkan oleh Kalki Avatara untuk beralih ke jaman Satya-Yuga.
Ya Tuhan, hamba memohon agar hamba dibimbing dan dianugrahkan ajaran Veda seperti penerimaan sebelum jaman Kali-yuga serta dapat diterima di alam rohani-Mu sebelum pralaya.
SALAM KENAL BUAT BLI NGARAYANA
TERUSLAH BERINOVASI ATAS DASAR PARAMPARA YANG BLI NGARA IKUTI
REINKARNASI DISABDAKAN OLEH TUHAN YANG MAHA AGUNG
PERCAYA ATAU TIDAK ITULAH YANG TERJADI KARENA MAHA BENAR TUHAN ATAS SEGALA FIRMANNYA
saya memperoleh referensi tentang reinkarnasi ini dari Bhagavad-Gita
semoga berguna bagi rekan-rekan semua dan tentu saja saya sangat berharap penjelasan Bli Ngara supaya semakin jelas.
REINKARNASI
(Peredaran Kelahiran dan Kematian atau Perpindahan Sang Roh)
1. Ingatan dalam Peredaran kelahiran & kematian :
BG. 4.5
Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa bersabda: Engkau dan Aku sudah dilahirkan berulangkali. Aku dapat ingat segala kelahiran itu, tetapi engkau tidak dapat ingat, wahai penakluk musuh!
2. Peredaran kelahiran & kematian Melalui prinsip-prinsip kenikmatan dari :
Veda.
BG. 9.21
Bila mereka sudah menikmati kesenangan indria-indria yang luas di surga seperti itu dan hasil kegiatan salehnya sudah habis, mereka kembali lagi ke planet ini, tempat kematian. Jadi, orang yang mencari kenikmatan indria-indria dengan mengikuti prinsip-prinsip dari tiga Veda hanya mencapai kelahiran dan kematian berulang kali.
2. Peredaran kelahiran & kematian melalui tidak percaya terhadap bhakti :
BG. 9.3
Orang yang tidak yakin dan tidak setia melaksanakan bhakti ini, tidak dapat mencapai kepada-Ku wahai penakluk musuh. Karena itu, mereka kembali ke jalan kelahiran dan kematian di dunia material.
3. Pembebasan dari Peredaran kelahiran & kematian melalui bhakti :
BG. 2.50
Orang yang menekuni bhakti membebaskan dirinya dari perbuatan
yang baik dan buruk bahkan dalam kehidupan ini pun. Karena itu,
berusahalah untuk yoga, ilmu segala pekerjaan.
BG. 2.51
Dengan menekuni bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa seperti itu,
resi-resi yang mulia dan penyembah-penyembah membebaskan diri
dari hasil pekerjaan di dunia material. Dengan cara demikian mereka
dibebaskan dari perputaran kelahiran dan kematian dan mencapai
keadaan di luar segala kesengsaraan [dengan kembali kepada Tuhan
Yang Maha Esa].
BG. 12.6-7
Tetapi orang yang menyembah-Ku, menyerahkan segala kegiatannya
kepada-Ku, setia kepada-Ku tanpa menyimpang, tekun dalam pengabdian
suci bhakti, selalu bersemadi kepada-Ku, dan sudah memusatkan
pikirannya kepada-Ku cepat Kuselamatkan dari lautan kelahiran dan
kematian, wahai putera Prtha.
4. Pembebasan dari Peredaran kelahiran & kematian melalui cara mendengar dari penguasa,
BG. 13.26
Ada pula orang yang mulai menyembah Kepribadian Tuhan Yang Maha
Esa setelah mendengar tentang Beliau dari orang lain, walaupun
mereka sendiri belum menguasai pengetahuan rohani. Oleh karena
mereka cenderung mendengar dari penguasa-penguasa, mereka pun
melampaui jalan kelahiran dan kematian
5. Pembebasan dari Peredaran kelahiran & kematian melalui pengertian terhadap kegiatan Krsna, :
BG. 4.9
Orang yang mengenal sifat rohani kelahiran dan kegiatan-Ku tidak
dilahirkan lagi di dunia material ini setelah meninggalkan badan,
melainkan ia mencapai tempat tinggal-Ku yang kekal, wahai Arjuna.
6. Pembebasan dari Peredaran kelahiran & kematian melalui sikap yang merata,
BG. 5.19-21
Apabila kecerdasan, pikiran, maupun kepercayaan dan tempat berlindung
seseorang semua mantap dalam Yang Mahakuasa, dia disucikan
sepenuhnya dari keragu-raguan mengetahui pengetahuan yang
lengkap dan dengan demikian dia maju lurus menempuh jalan pembebasan.
Para resi yang rendah hati, berdasarkan pengetahuan yang sejati,
melihat seorang brahmana yang bijaksana dan lemah lembut, seekor
sapi, seekor gajah, seekor anjing dan orang yang makan anjing dengan
penglihatan yang sama.
Orang yang pikirannya telah mantap dalam persamaan dan kemerataan
sikap, telah mengalahkan keadaan kelahiran dan kematian.
Bagaikan Brahman mereka bebas dari kelemahan, dan karena itu
mereka sudah mantap dalam Brahman.
7. Yogi dalam Pembebasan dari Peredaran kelahiran & kematian
BG. 6.40-46
Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa bersabda: Putera Prtha, seorang
rohaniwan yang sibuk dalam kegiatan yang mujur tidak mengalami
kemusnahan baik di dunia ini maupun di dunia rohani; orang yang
berbuat baik tidak pernah dikuasai oleh kejahatan, wahai kawan-Ku.
Sesudah seorang yogi yang tidak mencapai sukses menikmati selama
bertahun-tahun di planet-planet makhluk yang saleh, ia dilahirkan dalam
keluarga orang saleh atau dalam keluarga bangsawan yang kaya.
Atau [kalau dia belum mencapai sukses sesudah lama berlatih yoga]
dia dilahirkan dalam keluarga rohaniwan yang pasti memiliki kebijaksanaan
yang tinggi. Memang, jarang sekali seseorang dilahirkan
dalam keadaan seperti itu di dunia ini.
Sesudah dilahirkan seperti itu, sekali lagi dia menghidupkan kesadaran
suci dari penjelmaannya yang dahulu, dan dia berusaha maju
lebih lanjut untuk mencapai sukses yang lengkap, wahai putera Kuru.
Berkat kesadaran suci dari penjelmaan sebelumnya, dengan sendirinya
dia tertarik kepada prinsip-prinsip yoga kendatipun tanpa
diupayakan. Seorang rohaniwan yang ingin menemukan jawaban seperti
itu selalu berada di atas prinsip-prinsip ritual dari Kitab Suci.
Apabila seorang yogi tekun dengan usaha yang tulus ikhlas untuk
maju lebih lanjut, dengan disucikan dari segala pencemaran, akhirnya
ia mencapai kesempurnaan sesudah melatihnya selama banyak penjelmaan,
dan ia mencapai tujuan tertinggi.
PERPINDAHAN SANG ROH
1. Badan-badan diperoleh melalui Perpindahan Sang Roh
BG. 15.8-12
Para makhluk hidup di dunia yang terikat ini adalah bagian-bagian
percikan yang kekal dari Diri-Ku. Oleh karena kehidupan yang terikat,
mereka berjuang dengan keras sekali melawan enam indria, termasuk
pikiran.
Makhluk hidup di dunia material membawa berbagai paham hidupnya
dari satu badan ke badan yang lain seperti udara membawa berbagai
bau. Dengan cara demikian ia menerima jenis badan tertentu, lalu
sekali lagi meninggalkan badan itu untuk menerima badan lain.
2. Perpindahan sang roh bagi orang jahat,
BG. 16.18-20
Orang jahat dibingungkan oleh keakuan palsu, kekuatan, rasa bangga,
hawa nafsu dan amarah sehingga mereka menjadi iri terhadap
Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, yang bersemayam di dalam badan
mereka sendiri dan juga di dalam badan orang lain, dan mereka
menghina dharma yang sejati.
Orang yang iri dan nakal, manusia yang paling rendah, untuk selamanya
Kubuang ke dalam lautan kehidupan material, di dalam berbagai
jenis kehidupan yang jahat.
Setelah dilahirkan berulang kali di tengah-tengah jenis-jenis kehidupan
yang jahat, orang seperti itu tidak pernah dapat mendekati-
Ku, wahai putera Kunti. Berangsur-angsur mereka merosot hingga
mencapai jenis kehidupan yang paling menjijikkan.
2. Perpindahan sang roh dalam badan, sekarang ini
BG. 2.13
Pada masa lampau tidak pernah ada suatu saat pun Aku, engkau
maupun semua raja ini tidak ada; dan pada masa yang akan datang
tidak satupun di antara kita semua akan lenyap.
Seperti halnya sang roh terkurung di dalam badan terus menerus
mengalami perpindahan, di dalam badan ini, dari masa kanak-kanak
sampai masa remaja sampai usia tua, begitu juga sang roh masuk ke
dalam badan lain pada waktu meninggal. Orang yang tenang tidak
bingung karena penggantian itu.
3. Perpindahan Sang Roh diumpamakan sebagai ganti pakaian
BG. 2.22
Seperti halnya seseorang mengenakan pakaian baru, dan membuka
pakaian lama, begitu pula sang roh menerima badan-badan jasmani
yang baru, dengan meninggalkan badan-badan lama yang tidak
berguna.
3. Kebodohan tentang Perpindahan Sang Roh :
BG. 15.10-12
Makhluk hidup, yang menerima badan kasar lain lagi dengan cara seperti
itu, memperoleh jenis telinga, mata, lidah, hidung dan peraba
tertentu tersusun di sekitar pikiran. Dengan demikian, ia menikmati
pasangan obyek-obyek indria tertentu.
Orang bodoh tidak dapat mengerti bagaimana makhluk hidup dapat
meninggalkan badannya, dan mereka tidak dapat mengerti jenis badan
mana yang dinikmatinya di bawah pesona sifat-sifat alam. Tetapi
orang yang matanya sudah terlatih dalam pengetahuan dapat melihat
segala hal tersebut.
Para rohaniwan yang sedang berusaha, yang mantap dalam keinsafan
diri, dapat melihat segala hal tersebut dengan jelas. Tetapi orang
yang pikirannya belum berkembang dan belum mantap dalam kein-
safan diri tidak dapat melihat apa yang sedang terjadi, meskipun
mereka berusaha melihat.
Buat bli Samaran-ji mohon info-nya dalam AQ. firman-firman Allah yang diterima Nabi Muhamad yang dipakai sebagai patokan menolak/menerima Reinkarnasi, salam Damai
Assalamu’alaikum.
@ sarvakaranam
saya cah semarang, bli. Panggil aja mas ato nang biar lebih rileks,,,,
Bismillahirrahmanirrahiim.
QS. AL AN’AM : 26-28
yang insyaallah kurang lebih artinya,
26. Dan mereka melarang (oran lain) mendengarkan Al Qur’an dan mereka sendiri menjauhkan diri daripadanya, dan mereka hanyalah membinasakakn diri mereka sendiri, sedang mereka tidak menyadari.
27. Dan jika kamu (Muhammad SAW) melihat ketika mereka dihadapkan ke neraka, lalu mereka berkata : “KIRANYA KAMI DIKEMBALIKAN (KE DUNIA) dan tidak mendustakan ayat2 Tuhan kami, serta menjadi orang2 yang beriman” (tentulah kamu melihat suatu peristiwa yang mengharukan).
28. Tetapi (sebenarnya) telah nyata bagi mereka kejahatan yg mereka dahulu selalu menyembunyikannya. SEKIRANYA MEREKA DIKEMBALIKAN KE DUNIA, tentulah mereka kembali kepada apa yang mereka telah dilarang mengerjakannya. Dan sesungguhnya mereka itu adalah pendusta belaka.
Maha Benar Allah dengan segala firman2NYA.
=========
.
.
.
hanya inilah petunjuk yg bisa sy jadikan “benang merahnya”, itulah mengapa sy katakan m-u-n-g-k-i-n islam adalah reinkarnasi agama2 sebelumnya menjelang pralaya. Dengan kata lain, firman Tuhan dalam BG yg bli @ sarvakaranam sebutkan bisa jadi benar, namun karena umat2 terdahulu selalu dan selalu menyia2kan kesempatan “remidi” di dunia, maka turunlah firman Tuhan dalam Al Qur’an tsb sebagai penutup akir zaman. Dan qt sekarang adalah generasi “gelombang terakhir” yang masih diberi kesempatan Tuhan mengikuti “remidi” itu. Semoga peringatan pralaya menjadikan qt selalu saling menasehati dan saling mengingatkan utk kembali dan berserah diri padaNYA.
Ya Allah, ampuni kami jika ada kalimat2 yg membuat manusia justru melupakanMU.
Wassalam.
Dear all
Ikut nimbrung lagi ya….
Dari diskusi saya dengan beberapa temen kantor yang muslim, beberapa diantara mereka dengan tegas menolak reinkarnasi. Tetapi sebagian lagi mengatkan bahwa ajaran Reinkarnasi mungkin ada di Islam, tetapi sengaja tidak dimunculkan oleh Nabi Muhammad / Allah karena “ketakutan”, jika manusia mengenal reinkarnsi, maka dalam kesempatan hidup sebagai manusia saat ini tidak dipergunakan dengan baik karena orang-orang berpikir bahwasanya toh juga masih ada kesempatan ke-2, ke-3 dan seterusnya di saat-saat yang akan datang. Jadi dengan tidak dikenalnya reinkarnasi, maka secara psikologi akan memaksa seseorang untuk melakukan sebaik-baiknya semua perintah dan larangan Allah karena ketakutannya akan siksa neraka dan sangat berharap pada kenikmatan sorga. Jika kita melihat dari sudut padangan ini, saya rasa sangat wajar jika Qur’an menyembunyikan reinkarnasi karena kondisi tempat dan waktu-nya memang lebih pas mengajarkan seperti itu.
Untuk memahami reinkarnasi tidak lepas dari sudut pandang siapa kita. Apakah kita badan material ini atau sesuatu di balik itu? Ada yang beranggapan bahwa kita ini ya badan ini, bukan yang lain. Saat kematian datang, maka sirnalah semua yang ada. Sebagian lagi berpandangan bahwa kita ini adalah badan material + roh/jiva ini. Saat meninggal badna material hancur, tetapi akan dibangkitkan lagi suatu saat nanti oleh Tuhan. Umat Hindu sendiri memandang bahwa kita ini adalah sesuatu yang terpisah dari badan material. Kita adalah jiva. Pada saat meninggal sang jiva pergi meninggalkan badan sama halnya seperti saat kita melepas baju dan menggantinya dengan baju yang lain.
Ada fakta menarik seputar badan yang kita huni ini. Badan kita tersusun atas milyaran sel-sel tubuh yang hidup secara sinergi. Masing-masing sel mengandung milyaran atom-atom yang berbeda. Yang fantastis, ternyata 300 juta sel dalam tubuh kita mengalami kematian setiap harinya dan digantikan dengan sel-sel baru. Dan dalam waktu satu tahun, tidak kurang dari 98% atom-atom dalam badan kita sebenarnya sudah tergantikan dengan atom-atom yang benar-benar baru. Jadi jika kita memandang secara material, sebenarnya hampir setiap tahun kita menggantikan badan material kita dengan badan yang sama sekali baru.
Salam,-
terbesit pertanyaan dalam hati saya terhadap sdr. umat muslim ( mohon maaf kalo pertanyaanya tidak berkenan/ tidak ada keinginan lain selain belajar dan lebih mengenal Tuhan)
dari yang saya tngkap dalam muslim kan tidak mengenal reinkarnasi.
kalo dunia ini berumur jutaan tahun dan usia kita hanya anggaplah maksimalnya 100 tahun. sekian juta tahun sisanya setelah dikurangi 100 tahun sang jiva/roh kemana ? sebelum menunggu hari kebangkitan. apakah terus dineraka ? apakah di surga ? apa yang dilakukan jiva/roh dengan waktu sepanjang itu ?
Mohon maaf kalo misalnya tidak berkenan atas pertanyaan saya dan kalo memungkinkan kutipan ayatnya seprti apa.
salam damai
terbesit pertanyaan dalam hati saya terhadap sdr. umat muslim ( mohon maaf kalo pertanyaanya tidak berkenan/ tidak ada keinginan lain selain belajar dan lebih mengenal Tuhan)
dari yang saya tangkap dalam muslim kan tidak mengenal reinkarnasi. kalo dunia ini berumur jutaan tahun dan usia kita hanya anggaplah maksimalnya 100 tahun. sekian juta tahun sisanya setelah dikurangi 100 tahun sang jiva/roh kemana ? sebelum menunggu hari kebangkitan. apakah terus dineraka ? apakah di surga ? apa yang dilakukan jiva/roh dengan waktu sepanjang itu ?
Mohon maaf kalo misalnya tidak berkenan atas pertanyaan saya dan kalo memungkinkan kutipan ayatnya seprti apa.
salam damai
Assalamu’alaikum.
Dari majlis pengajian yg sy ikuti waktu kecil, setiap kita pasti menempuh 5 etape alam kehidupan (utk smentara sy belum bisa menunjukan dalil AQ, hal ini disampaikan oleh seorang ustadz yg sy tidak ragu akan kualitas keilmuannya), yaitu :
1. Alam ruh
2. Alam rahim (kecuali nabi adam dan ibu hawa)
3. Alam dunia, yg kita alami sekarang
4. Alam barzakh/ alam kubur, alam dimana ruh menunggu hari kebangkitan (dan ternyata menurut “guru” sy yg sekarang, walaupun org2 yg membangkang waktu di dunia mendapat siksa kubur namun stelah itu masih ada proses belajar utk mnjadi org beriman. Asalkan masih ada pengakuan akan existensiNYA dalam dada)
5. Alam akherat, hari kebangkitan, hari perhitungan, penentuan surga – neraka.
Pengetahuan kita hanya sedikit, bahkan jika manusia diberitahu semua pengetahuan tentang misteri alam semesta, belum tentu bisa meningkatkan bhakti, sradha, keimanan dan ketaqwaan kita.
Manusia hanya diberi kebebasan berusaha dan berdo’a, Tuhanlah yang menentukan, DIA Maha Bijaksana yang tak mungkin menyia2kan segala usaha dan do’a hamba.
Wassalam.
Assalamu’alaikum.
@ ngarayana
penjelasannya sungguh ilmiah bli,,, walaupun sains bagian dr agama namun pertimbangkan juga bhw “agama dan sains berangkat dr titik pangkal yg berbeda”.
Selanjutnya,,,.
Apakah hukum reinkarnasi abadi ?
Jika tinggal satu jiwa saja yg belum mencapai moksa, apakah masih berlaku reinkarnasi itu ?
Terimakasih sebelumnya.
Wassalam.
Bro samaranji
terima kasih atas penjelasannya mas. dapat saya mengerti perbedaan reingkarnasi menurut Veda dengan ajaran anda.
salam
@samaran-ji
Mas terbersit dalam pikiran saya setelah membaca ayat tersebut sebenarnya reinkarnasi itu memang ada ya. tapi bagi pengikut nabi muhamad atau AQ. reinkarnasi itu kayaknya tidak diberlakukan atau ditiadakan oleh Allah.
Bagi yang memilih kitab veda sebagai way of life-nya maka bila belum berhasil mencapai tempat tinggal yang paling utama Tuhan Yang Maha Agung, masih diberi kesempatan pada kehidupan berikutnya sampai sukses. seperti seorang Mahasiswa yang tahun ini nggak lulus ujian, bisa menempuh lagi pada semester berikutnya jadi tidak di DO, sampai setelah berulang kali ujian bisa Lulus.
Jadi kita bebas memilih veda, tripitaka, injil atau AQ sebagai way of life, dan kita bisa hidup dengan damai
Setahu-ku, bukti reinkarnasi lebih banyak berupa kesaksian yg bukanlah bukti yg kuat dan benar karena semua orang juga bisa bersaksi. Hipnotis juga bukan bukti yg kuat karena dalam keadaan terhipnotis,,, kenangan, buku yg pernah dibaca, dan khayalan bercampur menjadi satu dan dianggap sbg pengalaman reinkarnasi.
Menurut Veda, jangka waktu antara meninggalkan salah satu badan dan memasuki badan yg lain sangat singkat sekali (secepat kecepatan pikiran) [“Coming Back: The Science of Reincarnation”]. Kalau ada jeda waktu yg cukup lama pada kesaksian2 tsb, berarti kesaksian itu tidak sesuai dgn reinkarnasi versi Veda…^^
Selain takdir Tuhan (dalam agama2 Abrahamik), reinkarnasi juga adalah bukti kesewenang-wenangan Tuhan karena jika reinkarnasi seseorang diteruskan ke belakang sampai pertama kali ia (jiva) dilahirkan ke alam material, akan timbul pertanyaan, “Atas dasar apa Tuhan menentukan “si A” akan terlahir sbg manusia, dan “si B” akan terlahir sbg hewan pd saat pertama kali mereka diciptakan (dilahirkan)???” Berdasarkan kehendak-Nya atau dgn undian???
.
.
Reinkarnasi berhubungan erat dengan karma seseorang. “Siapa yg menanam, ia akan menuai. Perbuatan baik akan menghasilkan yg baik, perbuatan buruk akan menghasilkan yg buruk.”
*
*
Ada warna putih, tentu ada warna tak putih
Ada anak cerdas, tentu ada anak tak cerdas
Ada kendaraan beroda dua, tentu ada kendaraan tak beroda dua
Ada penanam yg menuai hasilnya, tentu ada penanam yg tak menuai hasilnya
Ada kebaikan yg menghasilkan kebaikan, tentu ada kebaikan yg tak menghasilkan kebaikan… dst
Dengan menambahkan kata “tak” pada sesuatu yg benar ada, sesuatu tsb juga benar ada yg jumlahnya tidak hanya ada satu…^^
Jadi seharusnya, “Siapa yg menanam, belum tentu menuai hasilnya. Perbuatan baik belum tentu menghasilkan yg baik. Perbuatan buruk belum tentu menghasilkan yg buruk.” š
.
.
Salam ^_^
Orang mau percaya atau tidak percaya keberadaan Tuhan, sorga-neraka, karma, dan reinkarnasi tidak menentukan seseorang akan selalu berbuat baik atau tidak, namun tingkat kesadarannya-lah yg menentukan. Kalau kamu masih bermental playgroup… silahkennn kamu mempercayai Makhluk Super Penghukum dengan segala atributnya (iming2 dan ancaman) jika keberadaan Makhluk tsb dapat membuatmu menjadi lebih baik. Tetapi jangan menyamakan orang lain dengan dirimu yg kesadarannya masih rendah dgn mengatakan “Orang yg tidak percaya” selalu berkeinginan utk berbuat buruk karena tiadanya iming-iming dan ancaman…
.
.
Salam š
Para rohaniwan yang sedang berusaha, yang mantap dalam keinsafan
diri, dapat melihat segala hal tersebut dengan jelas. Tetapi orang
yang pikirannya belum berkembang dan belum mantap dalam kein-
safan diri tidak dapat melihat apa yang sedang terjadi, meskipun
mereka berusaha melihat.
halo herwitz……
menurut ayat yang dikutif @sarvakaranam di atas
reinkarnasi bukanlah ilmu pengetahuan untuk orang ateis kayak kamu
karena tak akan mampu memahaminya bukan?
kayak ilmu fisika nuklir tak akan bisa dimengerti oleh anak TK
kayak ayam dikasi beras hitam gak bisa dicerna
kayak kerbau melihat banjir gak bisa ngerti
jadi kalau gak ngerti jangan bilang ilmu itu tak berguna,tak percaya, atau tak ada sama sekali, belajarlah……………
Kenapa reinkarnasi tidak dapat atau sulit dipahami???
Kemungkinannya adalah:
1) Tuhan itu BODOH karena Ia menurunkan ajaran bagi manusia, tetapi malah tidak dapat atau sulit dipahami oleh manusia.
2) Tuhan itu BERHATI DENGKI karena mungkin sebenarnya Ia mampu menyampaikan ajaran agama yg mudah dipahami, tetapi karena Ia Maha Pelit, Ia menurunkan ajaran agama yg sulit dimengerti.
3) Tuhan itu GEMAR MENONTON PERDEBATAN atau PERTENGKARAN antar-pemuka agama yg saling multi-tafsir, makanya Ia menurunkan ajaran reinkarnasi yg sulit dipahami.
4) Tuhan itu sebenarnya MINIM pengetahuannya ttng reinkarnasi, makanya Ia mencantumkan sloka tsb untuk menutupi kekurangannya itu ===> “…Tetapi orang yang pikirannya belum berkembang dan belum mantap dalam keinsafan diri tidak dapat melihat apa yang sedang terjadi, meskipun
mereka berusaha melihat”,,, ^_^
Kemungkinan yang lain:
*) Tuhan dengan sengaja atau tidak sengaja menciptakan hampir semua manusia itu bodoh sehingga banyak sekali orang yg sulit dan tidak dapat memahami ajaran reinkarnasi yg mungkin sebenarnya mudah dipahami.
*) Hampir semua manusia itu bodoh bukan disebabkan oleh Tuhan. Bagi guru yg tidak Maha Kuasa, ia akan kesulitan mengajarkan reinkarnasi kepada orang2 bodoh tsb. Sedangkan bagi Tuhan, Apakah mau disamakan dgn guru yg tidak Maha Kuasa itu??? Bahkan Tuhan sangat jarang terlibat langsung dalam mengajar kebenaran reinkarnasi…!!! Hhhmmmmmm…. ^^
Ingatan dalam Reinkarnasi
BG. 4.5
Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa bersabda: Engkau dan Aku sudah dilahirkan berulangkali. Aku dapat ingat segala kelahiran itu, tetapi engkau tidak dapat ingat, wahai penakluk musuh!
Penjelasan :
Dalam Brahma-samhita (5.33), kita mendapat keterangan tentang
banyak penjelmaan Tuhan. Dalam Brahma-samhita dinyatakan:
Hamba menyembah Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Govinda, (Krsna),
Kepribadian yang asli-mutlak, tidak pernah gagal dan tidak berawal. Walaupun
Krsna sudah menjelma menjadi bentuk-bentuk yang tidak terhingga,
Beliau tetap sebagai Kepribadian asli yang sama yang paling tua, dan kepribadian
yang selalu kelihatan seperti pemuda yang segar.
Bentuk-bentuk
Tuhan yang kekal, Penuh Kebahagiaan dan Mahatahu pada umumnya dimengerti
oleh sarjana-sarjana Veda yang paling baik, tetapi selalu terwujud
untuk penyembah-penyembah yang suci dan murni.”
Dalam Brahma-samhita (5.39), juga dinyatakan:
Hamba menyembah Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Govinda (Krsna),
yang selalu berada dalam berbagai penjelmaan seperti Rama, Nrsimha dan
banyak bagian dari penjelmaan, tetapi Beliau adalah Kepribadian Tuhan
Yang Maha Esa yang asli bernama Krsna, dan Beliau Sendiri juga menjelma.
Dalam Veda juga dinyatakan bahwa walaupun Krsna adalah satu dan yang
tiada duanya, Beliau mewujudkan Diri-Nya dalam bentuk-bentuk yang jumlahnya
tidak dapat dihitung. Krsna seperti permata bernama vaidurya, yang
berubah warna namun tetap satu. Aneka bentuk tersebut dimengerti oleh
para penyembah yang suci dan murni, tetapi tidak semata-mata dengan cara
mempelajari Veda. Penyembah-
penyembah seperti Arjuna senantiasa menjadi rekan Krsna. Bilamana
Krsna menjelma, penyembah-penyembah yang menjadi rekan Beliau juga
ikut menjelma untuk mengabdikan diri kepada Krsna dengan berbagai cara.
Arjuna adalah salah satu di antara penyembah-penyembah tersebut. Dalam
ayat ini dimengerti bahwa berjuta-juta tahun yang lalu pada waktu Sri Krsna
menyampaikan Bhagavad-gita kepada Vivasvan, dewa matahari, Arjuna juga
hadir dalam peranan lain. Tetapi perbedaan antara Krsna dan Arjuna ialah
bahwa Krsna ingat peristiwa tersebut sedangkan Arjuna tidak dapat ingat.
Itulah perbedaan antara Tuhan Yang Maha Esa dan makhluk hidup sebagai
bagian dari Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai sifat sama seperti
Tuhan. Walaupun di sini Arjuna disebut sebagai pahlawan agung yang dapat
menaklukkan musuh, Arjuna tidak dapat mengenang apa yang telah terjadi
dalam berbagai penjelmaannya dahulu kala. Karena itu, betapapun hebatnya
makhluk hidup menurut perkiraan material, ia tidak akan pernah sejajar
dengan Tuhan Yang Maha Esa. Siapapun yang senantiasa menemani Krsna
tentu saja orang yang sudah mencapai pembebasan, tetapi ia tidak mungkin
sejajar dengan Krsna. Krsna diuraikan dalam Brahma-samhita sebagai yang
tidak pernah gagal (acyuta). Ini berarti bahwa Krsna tidak pernah lupa
akan Diri-Nya, meskipun Krsna mengadakan hubungan dengan hal-hal material.
Karena itu, Krsna dan makhluk hidup tidak pernah sejajar dalam
segala hal, walaupun makhluk hidup sudah mencapai pembebasan seperti
Arjuna. Walaupun Arjuna adalah seorang penyembah Krsna, kadangkadang
Arjuna melupakan sifat Krsna. Tetapi atas karunia Tuhan, seorang
penyembah dapat segera mengerti kedudukan Krsna yang tidak mungkin
gagal, sedangkan orang yang bukan penyembah atau orang jahat tidak dapat
mengerti sifat rohani itu. Karena itu, uraian tersebut dalam Bhagavad-gita
tidak dapat dimengerti oleh otak-otak yang jahat. Krsna mengenang perbuatan
yang dilakukan-Nya berjuta-juta tahun yang silam, tetapi Arjuna
tidak dapat ingat, walaupun Krsna dan Arjuna sama-sama kekal menurut
sifatnya. Kita juga dapat memperhatikan di sini bahwa makhluk hidup lupa
pada segala sesuatu karena ia menggantikan badannya, tetapi Krsna ingat
karena Krsna tidak menggantikan badan-Nya yang bersifat sac-cid-ananda.
Krsna bersifat advaita, yang berarti tidak ada perbedaan antara badan Krsna
dan Diri Krsna. Segala sesuatu berhubungan dengan Krsna bersifat rohani-
sedangkan roh yang terikat berbeda dari badan jasmaninya. Oleh karena
badan Krsna dan Diri Krsna identik, kedudukan Krsna selalu berbeda dari
kedudukan makhluk hidup biasa, bahkan pada waktu Beliau turun ke tingkat
material. Orang jahat tidak dapat menyesuaikan diri dengan sifat rohani
Tuhan tersebut.
Yang mulia herwitz …….
Peradaban Ateis = Kehidupan Binatang
alasannya sangat mirip yaitu
1. sama-sama Makan
2. sama-sama tidur
3. sama-sama berhubunan sex
4. sama-sama memperahankan diri
Manusia beradab : kempat diatas + Ke-Tuhanan Yang Maha Esa
Reinkarnasi @sarwakaranam
Orang bodoh tidak dapat mengerti bagaimana makhluk hidup dapat
meninggalkan badannya, dan mereka tidak dapat mengerti jenis badan
mana yang dinikmatinya di bawah pesona sifat-sifat alam. Tetapi
orang yang matanya sudah terlatih dalam pengetahuan dapat melihat
segala hal tersebut.
jadi mari kita sama-sama belajarlah ……………………….
Yang mulia herwitz …….
Peradaban Ateis = Kehidupan Binatang
alasannya sangat mirip yaitu
1. sama-sama Makan
2. sama-sama tidur
3. sama-sama berhubunan sex
4. sama-sama memperahankan diri
Manusia beradab : kempat diatas + Ke-Tuhanan Yang Maha Esa
Reinkarnasi @sarwakaranam
Orang bodoh tidak dapat mengerti bagaimana makhluk hidup dapat
meninggalkan badannya, dan mereka tidak dapat mengerti jenis badan
mana yang dinikmatinya di bawah pesona sifat-sifat alam. Tetapi
orang yang matanya sudah terlatih dalam pengetahuan dapat melihat
segala hal tersebut.
jadi mari kita sama-sama belajarlah
@ Gendeng
Kalau kamu tidak tahu atau belum pernah bertanya kepada semua binatang apakah mereka memiliki dan percaya akan keberadaan Tuhan, gak usahlah menuduh mereka tidak beriman…^^ Kan banyak juga tuh dalam Purana yg menceritakan ada hewan dan tumbuhan yg percaya dan menyembah-Nya… Baca lagi pustaka suci-nya yakk!!!
.
.
Salam š
@ Gendeng
beradab ber.a.dab
[v] (1) mempunyai adab; mempunyai budi bahasa yg baik; berlaku sopan: perbuatannya spt kelakuan orang yg tidak ~; (2) telah maju tingkat kehidupan lahir batinnya: bangsa-bangsa yg telah ~
(Sumber: KBBI online)
Wooww,,, ternyata KBBI sendiri tidak mencantumkan kalau manusia beradab itu pasti ber-Tuhankan Yang Maha Esa…^^
Btw, kamu dapet sumber darimana tuh??? š
.
.
Ohhh iyaa,,, kamu tau gak kalau ada agama Sukhimon yg mengajarkan “takdir Anjing Super Cerdas” dan “kesesatan kembali” (re-kesesatanasi)…!!! Hanya orang yang matanya sudah terlatih dalam pengetahuan dapat melihat segala hal tersebut. Sedangkan bagi orang2 BODOH tidak dapat mengerti bagaimana makhluk hidup bisa sesat kembali padahal ia sudah mencapai moksha atau masyuukkk sorga…!!!
.
.
Salam š
to all
Peredaran kelahiran & kematian Melalui prinsip-prinsip kenikmatan dari :Veda.
BG. as it is 9.21
Bila mereka sudah menikmati kesenangan indria-indria yang luas di surga seperti itu dan hasil kegiatan salehnya sudah habis, mereka kembali lagi ke planet ini, tempat kematian. Jadi, orang yang mencari kenikmatan indria-indria dengan mengikuti prinsip-prinsip dari tiga Veda hanya mencapai kelahiran dan kematian berulang kali.
PENJELASAN: Orang yang diangkat ke susunan-susunan planet yang lebih tinggi menikmati kehidupan yang lebih panjang serta fasilitas yang lebih bagus untuk kenikmatan indria-indria, namun ia tidak diperbolehkan menetap di sana untuk selamanya. Sekali lagi ia dikirim ke bumi sesudah hasil kegiatannya yang saleh habis. Orang yang belum mencapai kesempurnaan pengetahuan,sebagaimana disebut dalam Vedanta-sutra (janmady asya yatah,atau, dengan kata lain, orang yang belum berhasil mengerti Krsna, sebab segala sebab, dibingungkan tentang tercapainya tujuan hidup tertinggi. Sebagai akibatnya, ia harus mengalami proses pengangkatan sampai planet-planet yang lebih tinggi, kemudian turun sekali lagi, seolah-seolah dia berada pada kincir atau roda besar yang kadang-kadang naik lalu kadang-kadang turun.
Keadaan ini menunjukkan bahwa ia tidak diangkat sampai dunia rohani, sebab di dunia rohani tidak ada kemungkinan lagi untuk turun, oleh karena itu ia hanya berputar dalam peredaran kelahiran dan kematian di susunan planet-planet yang lebih tinggi dan lebih rendah. Lebih baik seseorang pergi ke dunia rohani untuk menikmati kehidupan yang kekal penuh kebahagiaan
dan pengetahuan dan tidak pernah kembali ke dalam kehidupan material yang sengsara ini.
semoga menambah wawasan
Assalamu’alaikum.
@ para pengingkar Tuhan yg mengatas- namakan ilmu pengetahuan.
Sudahkah kalian benar2 menjunjung tinggi ilmu pengetahuan/ sains ?
Tentu kalian enggan menerima jika sy ulas bagaimana para ulama’ islam generasi terdahulu bersikap kritis terhadap suatu klaim. Untuk itu sy rasa kalian akan lebih menerima jika sy rangkumkan sebuah metode berpikir kritis bersumber dr fakta ilmiah.com :
Brad Matthies menawarkan metode menilai klaim berdasarkan apa yg sudah dikembangkan Wayne R Batz.
1. Klaim > apakah jelas ato kabur, apakah konsisten ato bermakna ganda
2. Reputasi > apakah pengklaim itu jelas, bagaimana kredibilitasnya.
3. Informasi > dpt diperiksa ato sebatas kesaksian, jika hasil penelitian bagaimana pengumpulan datanya, berdasar jurnal ato bagaimana.
4. Test > bagaimana cara mengujinya, apa sudah survey, wawancara, studi pustaka, experimen, studi kasus dsb.
5. Independen > apakah berdasarkan analsa dan pengujian detil atau tanpa bukti sama sekali.
6. Simpulkan > berhati2 dng subyektivitas sblm membuat kesimpulan.
Dan yg terpenting,,,
krn sains sifatnya selalu berkembang, maka sains menghindari kata “meyakini/ mempercayai”, orang2 sains lebih sering menggunakan istilah, “menerima/ menolak”.
Dng menggunakan metode tsb, mari kita kritisi para pengingkar Tuhan yg mengatas-namakan “ilmu pengetahuan”
1. Klaim : Tuhan tidak ada (walaupun tanpa bukti, mereka tetap ngotot. Keliatan ga konsisten bukan).
2. Reputasi : siapa tuh pengklaimnya (rata2 orang2 tsb tidak santun dan pembangkang, jadi bagaimana mungkin bisa berbakti pada sesama, lebih pd nusa dan bangsa).
3. Informasi : apakah klaimnya dari penelitian (rata2 pengklaim brdasarkan kata orang, para pengingkar pendahulunya).
4. Test : apakah pengklaim sudah melakukan experimen.
5. Independen : pengklaim kebanyakan belum maksimal menganalisa.
6. Simpulkan : pengklaim cenderung sudah m-e-y-a-k-i-n-i bahwa Tuhan tidak ada (harusnya mereka memosikan diri pd tahap m-e-n-e-r-i-m-a dulu).
Sains dan Filsafat lahir dari rahim agama, keduanya bisa menjadi anak yg taat ato durhaka tergantung dr konsistensi penganutnya. Ketika sains menanyakan “BAGAIMANA semesta tercipta” (cenderung menyentuh teknis, masih butuh bukti rasional yg sifatnya material) sementara filsafat bertanya “MENGAPA semesta tercipta” (cenderung menyentuh esensi yg sifatnya spiritual).
Agama akan selalu membimbing sains dan filsafat berkembang utk selanjutnya menemukan bukti bahwa Tuhan ADA.
Berpikir kritis memerlukan kita utk berpikiran terbuka sambil tetap memeriksa fakta.
Wassalam.
wah,topik menarik….
dalam agama hindu apakah alam jin/makhluk halus selain dewa itu dikenal?adakah penjelasan untuk makhluk tersebut?
saya baca bahwa islam mengenal mereka dan golongan jin berusia panjang (iblis sudah ada sebelum adam diciptakan baru akan mati pada kiamat).boleh jadi mereka yang bereinkarnasi mendapat informasi masa lalu dari jin (kemungkinan kan selalu ada).menurut saya islam secara tegas menolak reinkarnasi (kelahiran kembali, bukan regenerasi sel)karena tuhan mengetahui bahwa jin bisa membisikkan informasi ke jiwa manusia tanpa disadari manusia itu sendiri.kalau ada org islam yang ragu2 itu karena mereka tidak belajar.
mohon penjelasan,mohon maaf jika tidak berkenan.
piss piss piss,trims bro……..
saya mau komentar.. ada banyak presepsi yang salah tentang reinkarnasi..
ada yang bertanya pada mulanya si “a” lahir jadi manusia, dan si “b” jadi hewan.. dan apakah dengan undian mereka dilahirkan begitu..
jawabannya..
kita menjalani apa yang kita hasilkan dimasa” lalu..
apa yang kita lakukan sekarang mempengaruhi kehidupan masa yang akan datang.. semua tidak terlepas.. tidak ada yang maha yang menguasai kita.. kita berkehendak atas diri kita sendiri..
baik dahulunya kita, maka baik juga kita sekarang..
alam terdiri dari banyak jenis.. dan salah satunya alam manusia..
dengan segala kebaikan pahala kita.. kita bisa terlahir dialam manusia saja kita sudah cukup beruntung..
saya sekarang mengenal ajaran agama budha merupakan sebuah keberuntungan yang sangat besar.. dmn saya mengenal reinkarnasi.. DAN, secara ilmiah sudah dapat dibuktikan oleh ilmuan ian stevenson..