Beliau adalah Ken Laras Suatman, seorang pendeta Kristen pengemban tugas misionaris khususnya di lingkungan kesatuan TNI Angkatan Darat yang memutuskan kembali ke ajaran leluhurnya. Upacara sudhi wedani sebagai tanda tonggak kepulangannya ke rumah dharma telah dilakukan di pura Pucangsari, Ceper, Klaten, jawa Tengah pada tanggal 2 Februari 2020. Upacara tersebut turut dihadiri oleh berbagai komponen keumatan termasuk Ketua PHDI Jateng, Pembimas Hindu Jateng, Ketua Dekorwil Jateng dan Ketua Umum Dekornas Puskor Hindunesia, serta pada tokoh sepuh Hindu di Jawa Tengah.

Ken Laras Suratman, yang juga asli Klaten, memutuskan kembali ke rumah Dharma, atas kehendak sendiri, karena panggilan leluhur dan bentuk kegundahan bathin selama bertahun-tahun. Beliau menuturkan bahwa sering kali menerima wangsit lewat mimpi disamping juga kegundahannya dalam melihat peninggalan-peninggalan leluhurnya yang tersebar sangat megah di setiap plosok daerah jawa Tengah khususnya. Setelah melalui berbagai kejadian di luar logika, akhirnya dia mencari cara agar dapat kembali ke ajaran Dharma dalam wadah institusi Hindu.

Yang sering terjadi adalah ketika beliau melihat Pura atau Candi atau apapun peninggalan leluhur Jawa, beliau selalu merasa sedih dan nenangis. Air mata mengalir dan ada perasaan duka yang mendalam. Apalagi kemudian beliau merasa bersalah telah menjadi bagian dari mereka yang telah melupakan keluhuran ajaran dharma di Nusantara ini.

Beliau pun sering iingatkan oleh leluhurnya melalui mimpi dan penampakan bahwa untuk segera membantu kebangkitan kembali ajaran dharma yang sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Beliau juga sering curhat setelah melihat kenyataan bahwa justru yang lahir dan besar dalam ajaran Dharma, tidak melihat bahwa ajaran leluhurnya sudah sangat sempurna. “Banyak yang abai dan melakukan pencarian kesana kemari, padahal apa yang diwariskan leluhur sudah luar biasa hebat dan sempurnanya. Saya akan siap mengabdi untuk ikut membina generasi pewaris dharma yang dalam jaman modern ini terwadahi oleh institusi Hindu dengan bekal pengalaman saya sebagai misionaris selama puluhan tahun. Dan ini tekad saya setelah upacara suci inj, pada hari ini ‘, kata Mas Ken Laras Suratman.


Selamat datang di rumah Dharma, mas Ken. Semoga niat tulus ini bisa menginspirasi generasi pejuang Dharma Nusantara untuk teguh dan kuat mewarisi ajaran leluhur mereka.

Dikutip dari berita Puskor Hindunesia

Translate »
%d bloggers like this: