Bhagavad Gita adalah sebuah kitab suci universal yang tidak hanya di akui oleh masab-masab Hindu, tetapi juga dijadikan pedoman oleh umat agama lain. Dua orang pastor, satu dari Semarang, Kwee Tek Hoay (1957) dan satu lagi dari Kediri, Tan Khoen Swie (1959) pernah menterjemahkan dan menerbitkan Bhagavad Gita yang tentunya ditafsirkan sesuai dengan agamanya, yaitu Katolik. Penyair Amir Amsah dan Sumantri Mertodipuro juga pernah menterjemahkan Bhagavad Gita kedalam bahasa Indonesia dalam majalah Mimbar Indonesia pada akhir tahun 1950-an.

Akibat terjemahan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak berkompeten dan yang ditunggangi oleh motif-motif tertentu, mengakibatkan muncul sangat banyak versi terjemahan Bhagavad Gita yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu, untuk mendapatkan Bhagavad Gita yang memang benar-benar otentik haruslah diterima dari parampara / garis perguruan yang dapat dipercaya. Salah satunya adalah “Bhagavad Gita As It Is” atau yang sudah di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “Bhagavad Gita menurut aslinya”, karya Srila Prabhupada, seorang Acharya agung yang menyebarkan Hindu ke Amerika dan seluruh dunia pada tahun 1970-an. Bahkan beliau sempat datang ke Indonesia.

Sama seperti artikel sebelumnya yang memberikan petunjuk instalasi program Veda Base, dalam artikel ini saya akan memberikan tuntunan dalam melakukan instalasi Progam Bhagavad Gita Interactive yang diterbitkan oleh BBT (Bhaktivedanta Book Trust).

Program Bhagavad Gita Interactive ini sangat menarik. Disamping berisi teks Bhagavad Gita original, terjemahan dan audio pelafalan Bhagavad Gita, juga terdapat beberapa kitab-kitab suci penting lainnya seperti Gitopanisad, Gita Mahatmia dan sebagainya. Dalam program ini juga dijelaskan bagaimana kisah Mahabharata, pewahyuan Bhagavad Gita, bukti arkeologi dan kutipan-kutipan para sarjana mengenai hal ini dengan animasi yang sangat menggoda.

Jadi saya sangat menganjurkan pembaca untuk melihat dan mempelajari Bhagavad Gita Interactive ini, karena sangat memudahkan kita untuk mengerti Bhagavad Gita , Veda dan sejarah Veda pada umumnya.

Untuk mendapatkan program ini secara legal, silahkan membeli langsung di store.krishna.com atau Amazone.com .

Anda akan berhadapan dengan intro sebagai berikut;

Setelah intro selesai atau dengan cara menekan sembarang tombol, anda akan berhadapan dengan main menu;

Selamat mencoba dan semoga Umat Hindu dapat menenteng kitab sucinya dalam laptopnya setiap hari!

Translate »
%d bloggers like this: